18 NOV 2021 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA

Mengajari Anak Cinta Kebersihan

Pentingnya mengenalkan kebersihan

Dr. Tamar Chansky, psikolog dan penulis beberapa buku termasuk “Freeing Your Child from Anxiety” menunjuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University of Minnesota, yang menemukan bahwa anak-anak yang diajarkan pekerjaan rumah tangga pada usia dini akan membantu membangun rasa penguasaan yang bertahan lama, tanggung jawab, dan kemandirian.

Tips mengajari anak kebersihan

  1. Buat kalender harian
    Ajarkan mereka secara perlahan pentingnya membuat jadwal setiap aktivitas mereka, mulai dari menggosok gigi, mandi, membantu membersihkan kamar, dll. Kebiasaan ini akan membantu mereka menyadari pentingnya merencanakan hidup bersih dan sehat.
  2. Beri contoh
    Anak adalah peniru ulung. Jika melihat Ayah Bundanya rapi menyimpan barang-barang, maka mereka pasti akan mengikutinya. Ajari juga pentingnya menyimpan barang-barang itu kembali setelah selesai digunakan.
  3. Bantu mereka menciptakan dunia yang bersih
    Dorong anak-anak untuk memperluas kebiasaan kebersihan mereka di luar rumah, misalnya dengan mengajari untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat kecuali tempat sampah. Jelaskan alasannya dan apa akibatnya jika mereka membuang sampah sembarangan.
  4. Libatkan mereka dalam beberapa kegiatan pembersihan
    Libatkan mereka dalam kegiatan bersih-bersih di rumah mulai dari hal sederhana seperti mematikan lampu ketika bangun tidur. Berikan hadiah jika mereka melakukannya dengan sukarela dan menjadi kebiasaan.
  5. Berikan julukan super
    Sanjungan sederhana seperti “Pahlawan Super Anti Kuman” ketika ia membuang bungkus snack-nya tanpa disuruh, akan membuat mereka semangat untuk menjaga kebersihan.
  6. Kenalkan produk kebersihan yang aman
    Banyak pembersih rumah tangga melakukan pekerjaan mereka dengan baik, tetapi beberapa juga merusak lingkungan dalam prosesnya. Penting mengenalkan anak dengan produk pembersih yang aman berlabel “Safer Choice” seperti Amway Home, yang lebih aman bagi anak-anak, lingkungan, bahkan hewan peliharaan. Misalnya saat membersihkan menggunakan L.O.C.™ Multi-Purpose Cleaner tunjukkan label “Safer Choice” dan jelaskan pentingnya menggunakan produk ini untuk menjaga lingkungan.