23 JUL 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 91 DILIHAT

Jika Anak Komplain #dirumahsaja

Mungkin selintas saat anak bertanya kenapa harus pakai masker, jawaban Anda pun standar: lagi banyak virus. Lalu ketika ia dilarang ke mana-mana, ia pun makin bosan dan mengeluh: virus melulu! Atau cuci tangan melulu!

Saatnya menjelaskan dengan serius pentingnya hal ini diketahui dan dipahami oleh anak.

Cari tahu apa yang sudah diketahui anak

Tanyakan pada anak apa saja yang ia ketahui tentang situasi sekarang. Ajukan pertanyaan sesuai dengan usianya. Bisa jadi apa yang didengarnya berlebihan dan Anda perlu meluruskannya.

Bicaralah dengan tenang dan meyakinkan

Mulai beri penjelasan yang benar pada anak dengan tenang dan meyakinkan. Anak-anak bisa menangkap ketika orang tua khawatir, lho. Jadi ketika Anda berbicara gunakan suara yang tenang dan santai.

Tenangkan anak jika takut

Beri anak-anak ruang untuk berbagi ketakutan mereka. Katakan wajar saja jika mereka takut, namun mereka memiliki Anda yang akan melindungi dan mengayomi mereka.

Beri kesempatan mereka bertanya

Jika anak Anda bertanya tentang sesuatu dan Anda tidak tahu jawabannya, ajak mereka mencari tahu bersama dengan membuka situs resmi dan terpercaya seperti situs web pemerintah yang sah yang menyajikan informasi seputar virus atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk informasi terkini dan tepercaya. Dengan begitu, Anda memiliki fakta dan anak-anak tidak melihat berita utama tentang kematian dan informasi menakutkan lainnya.

Tahu kapan mereka membutuhkan bimbingan

Waspadai pada anak-anak yang lebih besar karena mereka bisa mencari sendiri konten di internet. Belakangan banyak berita negatif yang bisa menakuti mereka. Arahkan mereka ke konten yang sesuai dengan usia sehingga mereka tidak mendapatkan informasi yang salah.

Bantu anak merasa terkendali

Di sini Anda bisa memberi tahu mereka pentingnya mereka mengenakan masker, di rumah saja, dan mencuci tangan. Itu adalah “senjata” mereka untuk mengendalikan agar tidak tertular virus.

Bantu penuhi kebutuhan nutrisinya

Nah, imunitas yang kuat sangat penting. Beri pengertian anak pentingnya mengonsumsi makanan sehat yang Anda sajikan. Jangan lupa berikan juga Nutrilite Acerola C dengan 100 mg vitamin C yang bersumber dari asam askorbat, konsentrat acerola cherry, natrium askorbat dan citrus bioflavonoid untuk membantu memperkuat imunitas anak.

Sumber:

https://kidshealth.org/en/pare...