07 JUN 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA

6 Cara Agar Anak Mau Makan Sehat

1.  Libatkan anak saat mempersiapkan makanan

    Melibatkan anak dalam memasak akan membuat mereka antusias membuat makanan rumahan dan membantu mereka memahami nilai gizi dan cinta yang masuk ke dalam makanan mereka.

    • Gunakan waktu persiapan makan untuk menunjukkan kepada anak-anak berbagai jenis buah dan sayuran yang akan Anda gunakan.
    • Jika mereka cukup besar, biarkan membantu membumbui makanan dan mengaduknya di atas kompor.
    2.  Beri contoh

      Anak-anak akan memperhatikan semua yang Anda lakukan, termasuk makanan yang Anda konsumsi. Berikut cara sederhana untuk memberikan contoh yang baik:

      • Biasakan untuk makan bersama.
      • Pastikan anak melihat Anda memasukkan makanan sehat ke dalam makanan Anda sendiri.
      • Ceritakan fakta nutrisi saat Anda memilih bahan makanan.
      • Berikan porsi kecil untuk dicobanya.
      3.  Ajari asal-usul makanannya

        Anak-anak secara alami ingin tahu segalanya.

        • Ajak anak bicara dan berdiskusi tentang makanan sehat: mengapa baik untuk tubuh mereka dan pentingnya memasukkan variasi buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian dan protein ke dalam makanan mereka.
        • Untuk anak yang lebih besar, jelaskan perbedaan antara karbohidrat, lemak alami, vitamin, mineral, dan serat.
        4.  Bebaskan anak mencoba semua makanan

          Biarkan anak Anda bebas mencicipi makanan apa pun yang mereka inginkan. Contohnya, letakkan sepiring kecil makanan penutup untuk dibagikan bersama keluarga. Anak-anak dapat memilih apa yang paling mereka sukai dan belajar menikmati makanan penutup dalam jumlah yang tepat.

          5.  Jaga pilihan camilan sehat di rumah

            Pastikan Anda menyediakan camilan sehat yang mudah dijangkau seperti buah segar, yogurt, kacang dan biji-bijian, telur rebus, roti multigrain untuk roti panggang.

            6.  Ajari mereka bahwa gaya hidup sehat lebih dari sekadar makanan

              Ajari anak-anak tentang gaya hidup sehat selain mengonsumsi makanan sehat, seperti olahraga dan bermain di luar ternyata membantu membangun tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan juga mereka tahu pentingnya tidur yang cukup.

              Memahami pentingnya nutrisi sangat penting. Salah satu cara untuk mengisi kekosongan nutrisi anak adalah dengan meningkatkan fitonutrien, atau nutrisi tanaman, dalam makanannya, juga berikan suplemen kaya fitonutrien seperti Nutrilite™ Kids Chewable Concentrated Fruits and Vegetables. Satu porsi dua tablet sehari bersumber dari blueberry, elderberry, rosemary, ceri acerola, brokoli, bayam dan wortel.