13 MAR 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA

5 Tips Bantu Anak Belajar Online

Pandemi COVID-19 telah mengubah kehidupan keluarga di seluruh dunia. Kondisi ini seringkali bikin anak tak nyaman, padahal proses pembelajaran terus berlangsung. Bantu anak agar tetap semangat belajar dengan beberapa cara berikut ini:

1.  Rencanakan rutinitas bersama

    Gunakan aktivitas sehari-hari sebagai kesempatan belajar bagi anak-anak. Ajak anak untuk merencanakan bersama. Jangan lupa lakukan juga pekerjaan rumah bersama untuk mengembangkan fungsi motorik halus dan kasar.

    2.  Lakukan percakapan terbuka

      Minimalkan kekhawatiran mereka dengan mengajaknya ngobrol dan terbuka tentang perasaannya. Dorong anak untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan perasaan mereka. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dengan memberikan perhatian penuh kepada mereka.

      3.  Luangkan waktu Anda

        Dampingi dan ikuti perkembangan anak belajar online. Misalnya ajak anak diskusi setelah 15-30 menit istirahat dari belajar onlinenya. Tanyakan apakah ada yang tidak ia mengerti dan bimbinglah.

        4.  Lindungi anak-anak saat online

          Platform digital memang menyediakan media untuk belajar, namun juga membawa risiko yang lebih tinggi untuk keamanan, perlindungan, dan privasi anak-anak.

          • Diskusikan internet dengan anak-anak sehingga mereka tahu cara kerjanya dan apa yang perlu mereka waspadai.
          • Tetapkan aturan bersama tentang bagaimana, kapan dan di mana internet dapat digunakan.
          • Siapkan kontrol orang tua di perangkat mereka untuk mengurangi risiko online, terutama untuk anak-anak yang lebih kecil.

          5.  Tetap berhubungan dengan fasilitas pendidikan anak

          Bicaralah dengan guru anak Anda secara teratur untuk tetap mendapat informasi tentang kemajuan akademia, mengajukan pertanyaan, dan mendapatkan lebih banyak panduan.

          Selain itu dukung juga dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang bergizi seimbang dan lengkapi dengan Nutrilite™ Chewable Concentrate Fruit & Vegetables yang mengandung serat sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa perkuat juga daya tahan tubuhnya dengan Nutrilite™ Acerola C yang memberikan asupan 100 mg vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

          Sumber:

          https://www.cdc.gov/coronaviru... https://www.unicef.org/coronav...