13 JUN 2024 BISNIS 2 MENIT DIBACA 151 DILIHAT

Pentingnya Manajemen Risiko

Setiap bisnis harus mempertimbangkan risiko. Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan.
Harus pintar-pintar menyiapkan alternatif sebagai jalan keluar.

Apa itu risiko?

Risiko didefinisikan sebagai segala sesuatu yang mungkin terjadi yang akan berdampak atau mengubah hasil yang diinginkan. Misalnya, ‘Jika hujan hari ini maka risikonya permainan akan dibatalkan". Manajemen risiko adalah tentang mengenali potensi risiko, menganalisis kemungkinan itu terjadi dan baik meringankan atau mengembangkan alternatif seperti; "Jika hari ini hujan, maka kita akan bermain di aula dalam".

Risiko untuk ABO

Biasanya terbagi dalam beberapa kategori berikut:

  1. Risiko pasar
    Risiko pasar dapat mempengaruhi ABO seperti produk tertentu menjadi lebih populer daripada yang lain, sementara yang lain tidak selaku dulu. Perubahan-perubahan di pasar ini terjadi sepanjang waktu dan perlu diperhatikan.

  2. Risiko kompetitif
    Jika kompetitor melakukan lebih banyak pemasaran atau menjual berbagai produk yang lebih besar, ini dapat memengaruhi kinerja. Jika mengembangkan celah dengan menjual produk tertentu, akan menghadapi lebih sedikit persaingan.

  3. Teknologi dan risiko operasional
    Risiko ini terkait dengan teknologi yang digunakan untuk mendukung aktivitasmu. Ibaratnya jika hard drive komputermu gagal, apakah kamu memiliki cadangan file? Untuk inilah pentingnya mengikuti perkembangan teknologi untuk memperkecil risiko operasional.

  4. Risiko orang
    Orang-orang adalah komponen besar Amway. Sebagai ABO, mungkin ada risiko upline tidak hadir sebelum rapat penting, atau mungkin sakit atau berhalangan yang berkepanjangan yang bisa memengaruhi pekerjaanmu. Persiapkan rencana cadangan untuk mengantisipi ini.