30 MAY 2022 BISNIS 2 MENIT DIBACA 276 DILIHAT

Tips Atasi Komunikasi Sulit

Adakalanya kita mengalami komunikasi yang sulit saat diskusi. Meski sulit, masih bisa diatasi, kok. Beberapa kiat ini bisa membantumu.

  1. Kontrol emosi
    Apapun masalahnya, cobalah tetap mengontrol emosi untuk mempertahankan profesionalismemu. Ingatlah bahwa berbicara perlahan dan pelan dapat membantu menurunkan tingkat kecemasan yang mungkin dirasakan orang lain dan membantu meredakan reaksi emosional apa pun di pihak mereka.
  2. Buat agenda yang longgar
    Jika di tengah diskusi tiba-tiba percakapan menjadi sulit dan melenceng dari poin utama, berhentilah sejenak dan kembali ke agenda yang telah kamu buat sebelumnya. Dengan demikian kamu akan lebih mudah menggiring pembicaraan ke permasalahan utama.
  3. Tunjukkan empati
    Memberikan empati sangat mudah dan tidak perlu biaya. Empati juga membantumu memahami topik diskusi dari berbagai pandangan sehingga bisa memberikan masukan yang lebih masuk akal. Itulah mengapa penting untuk menjadi pendengar yang baik selama diskusi. Belajarlah untuk mengesampingkan perasaanmu sendiri dan memberi orang lain kebebasan untuk mengekspresikan perasaan mereka.
  4. Sabar, dan bicara pada saat yang tepat
    Terkadang banyak orang yang ingin memberikan suara. Tak apa, dengarkan saja dan cobalah merasa nyaman dalam keheninganmu. Diskusi bukanlah kompetisi, tak perlu buru-buru memberikan suara. Selama pembicaraan yang sulit atau emosional, jeda untuk dua orang dalam percakapan dapat memiliki efek menenangkan, dan kamu pun bisa memberikan suara tanpa terburu-buru.
  5. Pilih tempat yang tepat untuk bercakap-cakap
    Lokasi itu penting. Coba pilih tempat bertemu di area yang netral sehingga tidak ada pihak yang merasa terintimidasi. Pastikan membaca bahasa tubuh agar kamu tahu bagaimana harus memasuki pembicaraan.
  6. Pertahankan hubungan
    Jika hal-hal terasa sulit saat percakapan berakhir, hubungi dengan email atau pesan keesokan harinya. Beri tahu dia bahwa kamu senang bisa terbuka satu sama lain, dan ungkapkan harapanmu bahwa itu mengarah ke hubungan kerja yang lebih baik. Bisa juga mengirimkan bingkisan kecil seperti Nutrilite Hi Protein, minuman tinggi protein dari kombinasi kacang kedelai, polong, dan biji gandum yang mengandung asam amino esensial; sebagai ucapan kalau kamu peduli pada kesehatannya.