29 JUN 2022 BISNIS 2 MENIT DIBACA 243 DILIHAT

Dari Zona Nyaman ke Zona Pertumbuhan

3 tahap penting setelah keluar dari zona nyaman

Ada beberapa tahap yang harus dilalui setelah keluar dari zona nyaman, yaitu:

  1. Zona panik/ketakutan
    Saat meninggalkan zona nyaman, kamu akan mengalami rasa takut dan panik, terutama kalau kamu tidak memiliki rencana yang jelas dan matang. Dibutuhkan keberanian untuk melangkah dari zona nyaman ke zona ketakutan. Namun jika kamu bertahan, kamu akan memasuki zona belajar dan memperoleh keterampilan baru untuk menghadapi tantangan.
  2. Zona pembelajaran
    Di zona ini, kamu menghadapi tantangan dan belajar cara mengatasinya. Kamu juga akan memperolah keterampilan baru dan mampu memperluas zona nyaman yang baru.
  3. Zona pertumbuhan
    Setelah periode pembelajaran, zona nyaman baru dibuat, memperluas kemampuan seseorang untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi. Inilah artinya berada di zona pertumbuhan. Kamu akan menemukan tujuan baru, mimpi baru, dan menyiapkan strategi untuk mewujudkannya.

Pembekalan penting

Upaya perubahan perilaku ini akan sulit jika tidak disertai beberapa tingkat kesadaran diri seperti:

  • Seberapa besar zonamu
    Di setiap domain kehidupan, ukuran zona setiap orang berbeda-beda. Untuk meninggalkan zona nyaman, kamu harus menghargai batas luarnya dan mengembangkan rasa intuitif di mana zona panik/ketakutanmu berada. Manfaatnya, kamu akan tahu ke mana arah ke pertumbuhan dan pembelajaran.
  • Apa kekuatanmu
    Pahami dan manfaatkan kekuatan pribadimu. Kamu harus menyadari kalau proses perpindahan dari zona nyaman ke zona pertumbuhan mungkin tidak linier. Terkadang, kita bahkan perlu mundur ke zona nyaman secara berkala sebelum mengumpulkan kekuatan untuk bangkit lagi.