14 DEC 2020 KECANTIKAN & PERAWATAN TUBUH 2 MENIT DIBACA 323 DILIHAT

5 Tanda Alergi Skincare

Kosmetik atau produk perawatan wajah yang mahal belum tentu cocok untuk Anda. Setiap kulit memiliki karakter sendiri, sehingga belum tentu satu produk kosmetik/skincare brand mahal cocok untuk semua orang.

Ingin tahu apakah suatu produk perawatan wajah cocok atau tidak? Cara paling mudah adalah dengan langsung mengaplikasikannya ke kulit. Jika kulit mengalami 5 tanda berikut ini berarti kulit Anda tidak cocok atau alergi dengan bahan yang digunakan produk tersebut.

1. Muncul ruam merah

Biasanya bisa langsung muncul begitu diaplikasikan atau beberapa jam kemudian tergantung respon kulit. Segera hentikan pemakaian dan bersihkan wajah dari produk tersebut. Jangan percaya jika ada yang bilang ruam merah itu adalah tanda kulit sedang beradaptasi dengan produk tersebut. Yang benar adalah kulit sedang “menjerit” karena tersiksa.

2. Terasa gatal

Gatal adalah respon selanjutnya jika kulit tidak cocok dengan produk yang dipakai. Segera hentikan sebelum menimbulkan radang. Bisa jadi karena produk skincare tersebut mengandung bahan yang memicu alergi pada kulit Anda.

3. Kulit menjadi kering, bahkan mengelupas

Tanda lain adalah kulit yang terasa sangat kering, kusam, bahkan sampai mengelupas. Bisa jadi disebabkan produk pembersih wajah yang Anda gunakan mengandung acid yang tinggi.

4. Muncul jerawat

Memang banyak faktor yang memicu jerawat selain hormon, salah satunya adalah penggunaan skincare yang tak cocok. Jika ingin memastikan penyebab jerawat adalah produk skincare tersebut, coba gunakan terus selama 1-2 minggu. Jika jerawat makin banyak, berarti tidak cocok dengan produk tersebut. Segera stop penggunaannya dan berkonsultasilah ke dokter kulit Anda.

5. Kulit terasa terbakar

Biasanya kulit yang sensitif akan menimbulkan respon yang cepat seperti kulit yang terasa panas seperti terbakar. Sudah pasti langsung hentikan pemakaian produk tersebut.