14 DEC 2020 KECANTIKAN & PERAWATAN TUBUH 2 MENIT DIBACA 138 DILIHAT

5 Langkah Atasi Rambut Rontok

Rasanya pasti sedih sekali jika usai menyisir banyak helaian rambut yang tertinggal di sisir. Rambut rontok memang masalah yang wajar, bahkan jika rontoknya sejumlah 50-100 helai pun masih normal. Namun tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan.

Penyebab rambut rontok

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari terlalu sering menyisir rambut, penggunaan hot styling tools yang terlalu sering, sering terpapar polusi, hingga faktor stres dan hormonal.

Cara mengatasinya

1. Hindari kebiasaan yang merusak rambut

Kebiasaan seperti menyisir rambut yang basah atau menarik-narik ujung rambut ketika gelisah bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Ketika rambut basah, akar rambut cenderung lebih rapuh, sehingga mudah terangkat oleh sisir. Sebaiknya:

a) Keringkan rambut dengan cara menyelimuti rambut basah dengan handuk, lalu tepuk-tepuk dan peras perlahan. Jangan menggosoknya dengan handuk karena gesekannya bisa merusak kutikula.

b) Tunggu sampai rambut kering, paling tidak setengah kering, lalu gunakan sisir bergigi jarang.

c) Mulailah menyisir dengan lembut, dari bagian ujung bawah rambut, baru ke bagian atas. Gunakan jemari tangan untuk merapikan rambut yang kusut.

2. Keramaslah dengan air dingin

Keramas dengan air hangat akan memicu kelenjar sebaceous untuk aktif mengeluarkan minyak, dan rambut pun menjadi kering karena berkurang kelembapannya. Sebaiknya gunakan air dingin dan pijat lembut.

3. Minimalkan hair styling yang menyiksa rambut

Jika inginmengikat rambut, jangan mengikatnya terlalu keras karena bisa melemahkan folikel rambut, sehingga rambit gampang patah dan rontok.

4. Gunakan perawatan rambut untuk rambut rontok

Untuk mencegah dan merawat rambut rontok, gunakan sampo dan kondisoner SatiniqueTM Anti-Hairfall. Keduanya khusus diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok, dengan kandungan ENERJUVE™ dengan Ginseng + Mulberry Leaf Extract mencegah rambut rontok karena patah, memberikan energi, sekaligus menstimulasi kulit kepala.

Formula SATINIQUE™ mengandung campuran tumbuh-tumbuhan dan nutrisi yang diseleksi secara teliti sesuai kebutuhan spesifik dari rambut. Di antaranya ginseng yang menguatkan, macadamia nut oil yang melembabkan serta pro vitamin B5 yang meremajakan.

5. Nutrisi dari dalam

Imbangi perawatan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang bermanfaat menyehatkan dan memperkuat akar rambut, seperti brokoli, wortel, serta buah jeruk, lemon, blueberry, dan cherry. Juga makanan berprotein tinggi dan zinc.