16 NOV 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 379 DILIHAT

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dikendarai

Meski aktivitas banyak di rumah saja, mobil pun perlu perawatan, lho.
Simak tips merawat mobil.

1. Kendarai mobil paling tidak seminggu sekali
Untuk pemeliharaan, kendarai mobil selama 20 menit berkendara setidaknya sekali seminggu.

  • Aki mobil habis seiring waktu, dan cara termudah untuk mencegah aki mati adalah dengan mengemudikan mobil secara berkala.
  • Mengendarai kendaraan juga mencegah mesin dan bahan mekanis lainnya mengering karena semua bagian yang bergerak - transmisi, rem, dan sebagainya - tetap terlumasi dengan baik. Jadi paling tidak kendarai selama minimal 20 menit untuk merawat mobil.

2. Pilih tempat parkir jangka panjang yang kering
Kondisi tempat parkir ternyata juga perlu diperhatikan dalam merawat mobil selama pandemi ini.

  • Hindari parkir di bawah pohon karena getah pohon bisa menetes ke mobil dan merusak cat mobilmu.
  • Parkir jangka panjang di permukaan yang lembut seperti rumput atau tanah lembap bisa menyebabkan kelembapan naik ke bagian bawah mobil, sehingga menyebabkan karat.

3. Pastikan tangki mobil terisi
Tak membiarkan tangki mobil kosong lama ternyata juga bagian dari merawat mobil, lho. Manfaat mengisi bensin sebelum parkir jangka panjang adalah untuk mencegah kondensasi terakumulasi di dalam tangki dan menghentikan asap bensin menumpuk ke tingkat yang berbahaya.

4. Jangan gunakan rem parkir
Membiarkan rem parkir dalam waktu lama dapat menyebabkan bantalan rem dan rotor saling menempel atau menyatu.

5. Pemeriksaan pra-perjalanan
Jika sudah beberapa minggu sejak mengemudikan mobil, pastikan untuk memeriksa tekanan ban dan tingkat cairan sebelum berangkat.

6. Cuci mobil secara berkala
Mencuci mobil setiap selesai digunakan atau secara berkala adalah bagian merawat mobil yang mudah namun bermanfaat karena membuat mobil awet dan tetap terlihat kinclong.

  • Cuci mobil dengan sampo mobil yang formulanya efektif membersihkan sekaligus menjaga warna cat mobil. Gunakan Amway Car Wash Shampoo, pencuci mobil dengan formula unik yang membuat kendaraan Anda bersih dari kotoran, debu, hingga jelaga, tanpa merusak cat. Produk yang bebas fosfat dan terbuat dari surfaktan yang dapat terurai.
  • Biar kinclong, gunakan Silicone Glaze Car Polish, pembersih atau pemoles cat mobil yang menghilangkan noda yang membandel, tidak mengikis permukaan cat, mengilapkan dan sekaligus melindungi permukaan cat dari sinar matahari, kerak air, dan kotoran sejenisnya
  • Tutup mobil dengan car cover sehingga mobil tetap terlindungi.