30 SEP 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 238 DILIHAT

5 Ciri-ciri Usus yang Sehat

Meskipun tak terlihat, kita juga bisa tahu apakah usus kita sehat atau tidak dari ciri-ciri ini, lho!

  1. BAB teratur dan tanpa rasa sakit
    Buang air besar yang sehat harus lancar, teratur, dan mudah dikeluarkan, adalah indikasi usus yang sehat. Jika feses keras, terlalu lunak, atau terasa sakit saat dikeluarkan, mungkin mengalami diare atau sembelit.

  2. Energi yang konsisten
    Jika secara konsisten melewati hari dengan semangat tanpa mengonsumsi kafein berarti tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat dan menyerapnya dengan baik. Namun, jika sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh mengirimkan lebih banyak energi yang tersimpan ke lambung atau usus, sehingga mudah lelah.

  3. Jumlah gas dan kembung yang normal
    Gas merupakan bagian alami dari proses pencernaan, dan melepaskannya akan mencegah gas menumpuk di usus atau lambung. Faktanya, kebanyakan orang sehat mengeluarkan gas hingga 21 kali per hari*.

  4. Waktu transit usus yang sehat
    Waktu transit usus mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak dari mulut ke ujung saluran pencernaan. Buang air besar yang teratur merupakan indikator yang baik bahwa makanan bergerak melalui tubuh dengan kecepatan yang sehat.

  5. Reaksi sehat terhadap stres
    Cara sistem pencernaan merespons stres dapat mengungkapkan kesehatan usus. Stres kronis dan depresi dapat mengubah keseimbangan mikrobiota di saluran pencernaan, meningkatkan peradangan, dan memengaruhi respons metabolisme tubuh terhadap makanan.

Sehatkan usus dengan ini

Mengonsumsi probiotik, yaitu bakteri "baik" adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan usus. Probiotik alami banyak pada makanan yang difermentasi seperti asinan kubis, kimchi, dan yogurt. Selain dari makanan, probiotik juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus.

  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus menyeimbangkan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat, dan membantu penyerapan nutrisi.
  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus dengan teknologi “Arrive alive” & “Stick to the gut” memastikan probiotik sampai di usus hidup dan menempel efektif.
  • Setiap sajian Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus memberikan 10 miliar CFU** (Colony Forming Unit) dengan 4 strain bakteri baik.

Sumber:

*https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/7314-gas-and-gas-pain