18 SEP 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 177 DILIHAT

Usus Sehat, Tubuh Sehat!

Menjaga keseimbangan mikrobioma usus ternyata mendukung kesehatan secara keseluruhan, lho!

Bakteri usus dan jantung

Ketika mengonsumsi makanan seperti daging merah atau telur, bakteri-bakteri tersebut menghasilkan zat kimia yang diubah oleh hati menjadi sesuatu yang disebut TMAO (Trimethylamine-N-Oxide). TMAO dapat membantu kolesterol menumpuk di pembuluh darah.

Bakteri usus dan ginjal

Terlalu banyak TMAO juga dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. Orang yang mengidap penyakit ini tidak membuang TMAO sebagaimana mestinya. Kelebihan tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung.

Bakteri usus dan otak

Otak  mengirimkan pesan ke seluruh tubuh, dan usus bisa membalasnya. Studi* menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri dalam mikrobioma usus dapat memengaruhi emosi dan cara otak  memproses informasi dari indra, seperti penglihatan, suara, rasa, atau tekstur.

Bakteri usus dan obesitas

Keseimbangan yang tidak sehat dalam mikrobioma usus dapat menyebabkan sinyal yang salah dari otak saat merasa lapar atau kenyang*.  

Cara menjaga keseimbangan mikrobioma usus

Salah satu cara menjaga keseimbangan mikrobioma usus adalah dengan memberinya probiotik, yaitu bakteri "baik". Semakin banyak bakteri baik maka  keseimbangan usus akan terjaga, begitu juga sebaliknya.   

Probiotik alami banyak terkandung dalam produk makanan yang difermentasi seperti asinan kubis, kimchi, dan yogurt. Selain dari makanan, probiotik juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus.

  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus menyeimbangkan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat, dan membantu
  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus dengan teknologi “Arrive alive” & “Stick to the gut” memastikan probiotik
  • Setiap sajian Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus penyerapan nutrisi. sampai di usus hidup dan menempel efektif. memberikan 10 miliar CFU** (Colony Forming Unit) dengan 4 strain bakteri baik.
    **Dalam 1 tahun usia simpan produk.

Sumber:

*https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-how-gut-health-affects-whole-body*