27 JAN 2023 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 776 DILIHAT

Kiat Menjaga Resolusi Bisnismu

Punya resolusi bisnis namun tak bertahan lama atau gagal? Jangan coba metodologi yang sama setiap tahunnya! Coba kiat ini, yuk!

  1. Jangan membuat terlalu banyak resolusi
    Jika menetapkan banyak tujuan dan tidak membuat prioritas, kemungkinan menjadi tidak fokus dan pada akhirnya gagal semua. Mulailah dari resolusi kecil dulu, lalu tingkatkan secara bertahap.

  2. Miliki kemauan dan jadikan kebiasaan
    Dibutuhkan kemauan yang keras untuk membuat resolusimu berhasil. Terapkan kekuatan kemauan tersebut sebagai kebiasaan. Contoh sederhana adalah menyikat gigi. Jika dijadikan kebiasaan maka akan mudah melakukannya setiap selesai makan dan sebelum tidur. Jika kamu memiliki kemauan dan menjadikan resolusimu sebagai kebiasaan, maka kamu pun dengan mudah bisa mencapainya.

  3. Kebiasaan terjadi dalam satu lingkaran
    Sepertinya mudah, tapi bagaimana kita membentuk kebiasaan? Dalam bukunya The Power of Habit, penulis New York Times Charles Duhigg menyebutkan kerangka kerja sebagai lingkaran kebiasaan untuk mengubah kebiasaan, yang meliputi kebiasaan, isyarat, dan diikuti oleh rutinitas yang mengarah pada hadiah. Jadi, ketika kamu berhasil menuntaskan satu resolusi, jangan lupa beri hadiah pada diri sendiri.

  4. Mengidentifikasi perilaku
    Ketika menciptakan kebiasaan atau mencoba menghentikan kebiasaan lama, kenali rutinitasnya. Misalnya, perilaku apa yang ingin kamu ubah? Mungkin ingin mulai rajin ke pertemuan grup. Apa pun yang ingin kamu ubah, mulailah dengan perilaku itu sendiri. Saat kita mulai dengan perilaku, akan lebih mudah untuk mencapainya.

  5. Buat pernyataan resmi
    Kamu harus membuat pernyataan formal tentang kebiasaan yang ingin kamu miliki. Jangan lupa, saat kamu menyusun tujuan, sertakan isyarat, rutinitas, dan imbalannya.