29 SEP 2022 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 250 DILIHAT

8 Cara Berkomunikasi Efektif

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efekif sangat penting dalam berbisnis. Yuk, asah kemampuan berkomunikasimu.

  1. Dengarkan, dengarkan, dan dengarkan
    Orang ingin tahu bahwa mereka didengar. Dengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang dikatakan dan jangan buru-buru merumuskan tanggapanmu. Poin penting lainnya adalah lakukan percakapan satu per satu. Jadi saat mendengarkan jangan melakukan hal lain seperti menelpon, membalas pesan. Berikan perhatian penuh.

  2. Bahasa tubuh penting
    Ini penting untuk pertemuan tatap muka dan konferensi video. Gunakan bahasa tubuh yang terbuka. Hindari gerakan seperti menyilangkan tangan dan pertahankan kontak mata agar orang lain tahu bahwa kamu memperhatikannya.

  3. Periksa pesan sebelum menekan kirim
    Periksa ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan dalam email atau pesan teks. Pastikan apa yang telah kamu tulis mudah dipahami dan orang langsung tahu maksudnya.

  4. Singkat, namun spesifik
    Untuk komunikasi tertulis dan verbal, berlatihlah cara berkomunikasi yang singkat namun cukup spesifik. Lakukan juga ketika kamu menanggapi email, pastikan kamu membaca seluruh email sebelum menyusun tanggapan. Dengan latihan yang cukup, kamu akan belajar untuk tidak mengoceh, atau memberikan terlalu banyak informasi.

  5. Telepon kalau perlu
    Jika kamu merasa banyak hal yang perlu dikatakan, ketimbang mengirim email sebaiknya hubungi saja orang tersebut. Email memang bagus, tetapi terkadang lebih mudah untuk mengomunikasikan apa yang kamu katakan secara verbal.

  6. Berpikirlah sebelum berbicara
    Luangkan waktu sejenak dan perhatikan baik-baik apa yang akan kamu katakan dan bagaimana kamu mengatakannya. Kebiasaan yang satu ini akan membuat kamu terhindar dari rasa malu.

  7. Perlakukan semua orang secara setara
    Jangan merendahkan siapa pun, perlakukan semua orang dengan hormat. Perlakukan orang seperti kamu ingin diperlakukan orang lain.

  8. Pertahankan sikap positif dan… tersenyumlah
    Bahkan ketika kamu sedang berbicara di telepon, tersenyumlah, karena sikap positifmu akan terpancar dan bisa dirasakan orang lain. Ketika kamu sering tersenyum dan memancarkan sikap positif, orang akan meresponsmu secara positif.