12 AUG 2022 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 145 DILIHAT

5 Langkah Bangun Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang terjadi tanpa usaha yang disengaja. Berikut 5 langkah untuk membangun loyalitas pelanggan.

  1. Kenali pelangganmu (dan biarkan mereka mengenalmu)
    Untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan, kenali pelangganmu mulai dari mempelajari nama, hobi, masalah, dan kebiasaan membeli mereka. Perlakukan masing-masing sebagai pribadi, bukan sekedar pembeli. Misalnya, pada hari ulang tahun pelanggan, kamu bisa mengirimi mereka pesan ulang tahun yang dipersonalisasi dengan sample produk baru atau penawaran khusus. Selain itu, agar pelanggan mempercayai produkmu, bagilah informasi tentang dirimu dan bisnismu. Misalnya, infokan jika ada promo baru, sehingga mereka merasa senang dan nyaman berbisnis denganmu.

  2. Membuat program loyalitas pelanggan
    Program loyalitas pelanggan adalah cara yang bagus untuk mendorong dan menghargai pelanggan setia. Infokan promo-promo yang berlangsung secara pribadi sehingga tetap terhubung dengan pelanggan.

  3. Temukan keunikanmu
    Caramu memperlakukan pelanggan yang lebih baik adalah daya pikat tersendiri yang bikin pelanggan “lengket”. Untuk benar-benar terhubung dengan pelanggan, kamu harus tetap setia menggunakan produk, selalu memiliki waktu untuk pelanggan, dan siap kapanpun mereka membutuhkan solusi untuk masalahnya.

  4. Libatkan pelanggan di media sosial
    Media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Faktanya, jika kamu selalu aktif di media sosial dengan update info dan konten barumu maka pelanggan akan menganggaomu relevan,aktif, dan bisa dipercaya. Ciptakan komunitas online yang kuat yang mendorong pelanggan baru mengenalmu dan siapa tahu pelanggan lama kembali lagi.

  5. Mendorong umpan balik pelanggan
    Dengarkan umpan balik pelanggan dan gunakan umpan balik itu untuk meningkatkan bisnis, dan kemudian beri tahu pelanggan bahwa kamu mendengar mereka dan langsung menerapkan solusi untuk memberi mereka pengalaman yang lebih baik. Untuk menumbuhkan loyalitas mereka, kamu harus setia kepada mereka terlebih dahulu.