09 JUL 2024 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 79 DILIHAT

Yang Sebenarnya Tentang PM2,5

Di antara jenis polutan udara, partikel polutan PM2,5 dikenal berbahaya karena ukurannya yang sangat kecil hingga tak kasat mata. Beberapa fakta ini akan membantumu menyadari pentingnya menggunakan penjernih udara untuk menjaga kesehatan keluarga.

Sekecil apa PM2,5 itu?

PM (Partikulat Materi) adalah partikel yang ditemukan di udara. Sedangkan 2,5 mengacu pada ukurannya. Jadi PM2,5 merupakan partikel polutan udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer)1.  Rata-rata satu helai rambut manusia memiliki diameter 70 micron sehingga PM2,5 memiliki ukuran yang 30 kali lebih kecil dibandingkan satu helai rambut manusia2.

Mengapa berbahaya?

Partikulat ini berbahaya karena ukurannya yang super kecil sehingga hidung tidak dapat menyaringnya. Partikel halus ini bisa masuk jauh ke dalam paru-paru dan bahkan ada yang masuk ke aliran darah. Paparan partikel tersebut dapat mempengaruhi paru-paru dan jantung3.

Dari mana saja sumber PM2,5?

Partikel PM2,5  sebagian besar berasal dari emisi dari pembakaran bensin dari mobil/kendaraan bermotor, minyak, solar atau kayu, yang bisa berbentuk debu, kotoran, jelaga, dan asap.   

Bagaimana cara melindungi dari PM2,5?

Penjernih udara adalah salah satu cara yang efektif untuk menghindari risiko yang ditimbulkan PM2,5 ini. Gunakan penjernih udara yang mampu menyaring partikel sekecil PM2,5, seperti AtmosphereTM Sky.

  • Penjernih udara AtmosphereTM Sky tak hanya mampu menangkap partikel berukuran PM2,5  saja, namun hingga ukuran 0,0024 mikron, atau setara dengan +42.000 kali lebih kecil dibandingkan dengan diameter sehelai rambut manusia!
  • AtmosphereTM Sky telah tersertifikasi internasional, mampu menyaring 99,9% partikel di udara hingga ukuran 0,0024 mikron. Tak hanya itu, AtmosphereTM Sky memiliki 3 tahap filtrasi untuk menyaring lebih dari 300 kontaminan udara secara efektif dan dapat membersihkan area seluas 43 meter persegi.

Sumber:

1https://www.epa.gov/pm-pollution/particulate-matter-pm-basics

2http://182.16.248.153/kualitas-udara/informasi-partikulat-pm25.bmkg

3https://www3.epa.gov/region1/airquality/pm-human-health.html