19 DEC 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 266 DILIHAT

Waspdai Defisiensi Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyerang siapa saja. Berikut ini tanda-tanda yang
harus diwaspadai karena kekurangan zat besi.

  1. Kelelahan dan kurang energi
    Tubuh membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi agar bisa bergerak. Zat besilah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Defisiensi zat besi akan mengganggu proses ini sehingga kamu pun mudah merasa letih, lesu, dan lelah.

  2. Kulit pucat
    Orang yang kekurangan zat besi biasanya kulitnya tampak pucat, karena sel darah merah berkurang. Gejala ini bisa diikuti dengan kulit kering, gatal, dan kuku rapuh.

  3. Sesak napas
    Sesak napas karena defisiensi zat besi disebabkan oleh berkurangnya asupan oksigen ke otot dan sel. Jika kadar zat besi rendah, maka tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen.

  4. Detak jantung berdetak cepat
    Defisiensi zat besi bisa menyebabkan detak jantung yang cepat atau terdengar jelas, yang menandakan jantung bekerja lebih keras agar darah dapat mencapai seluruh bagian tubuh.

  5. Gangguan makanan
    Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan gangguan makan seperti pica disorder, yaitu perasaan ingin makan sesuatu yang bukan makanan, seperti kertas atau rambut.


Cara mudah mendapatkan zat besi

Agar tidak defisiensi zat besi, penuhi asupan makanan harian dengan nutrisi seimbang dan kaya zat besi, seperti bayam misalnya. NutriliteTM Iron-Folic Plus bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi jika asupan zat besi harian kurang, karena mengandung manfaat bayam. NutriliteTM Iron-Folic Plus mengandung zat besi organik, asam folat, konsentrat bayam dan serbuk kulit tiram yang dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat.