14 DEC 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 634 DILIHAT

Tidur Nyenyak Bebas Bedbugs

Tidurmu terganggu dengan kulit yang bengkak, merah, dan gatal? Kemungkinan digigit bedbugs atau kutu kasur. Yuk, cegah, agar serangga kecil ini tidak tinggal di kasurmu.

Apaitu bedbugs?

Bedbugs atau kutu kasur adalah serangga kecil berbentuk pipih dan berwarna kecoklatan yang biasanya bersembunyi di sekitar tempat tidur, keluar di malam hari untuk menggigit dan mengisap darah. Bekas gigitan bedbugs biasanya sedikit bengkak dan merah, serta dibarengi dengan rasa gatal yang menjengkelkan. Selain gatal juga bisa menyebabkan gejala seperti insomnia, kegelisahan, dan masalah kulit yang timbul akibat garukan yang berlebihan pada gigitan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Menjaga kebersihkan kamar, terutama kasur, sangatlah penting agarkutu kasur enggan tinggal. Untuk itu lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Rapikan kamar
    Segala macam kutu dan serangga suka sekali tinggal di tempat tersembunyi seperti tumpukan baju, kasur, di bawah karpet, untuk bersembunyi dan berkembang biak. Kamar yang serba rapi akan membuat kutu enggan bersarang.

  2. Vakum kasur
    Vakum furnitur termasuk kasur, rangka tempat tidur, dan lain-lain secara teratur untuk membasmi tempat persembunyian kutu busuk dan tungau debu.

  3. Bersihkan semua kain
    Cuci semua pakaian dan tempat tidur, serta semua kain dengan deterjen yang efektif untuk membantu menghilangkan tempat perkembangbiakan kutu sambil menghilangkan sumber makanan tungau debu, termasuk sel kulit mati.
    • Gunakan SA8™ Premium Concentrated Laundry Detergent, deterjen yang memberikan kinerja pembersihan yang efektif untuk menghilangkan noda, kotoran, dan tidak meninggalkan residu berbahaya.
    • Untuk memutihkan kain gunakan SA8™ All Fabric Bleach, yang diformulasi dengan pemutih oksigen aktif yang tidak mengandung klorin atau fosfat dan biodegradable yang secara efektif menghilangkan sebagian besar noda pada suhu berapa pun.


  4. Bersihkan semua permukaan
    Hilangkan tempat berkembang biak kutu busuk dan tungau debu dengan membersihkan semua permukaan secara menyeluruh termasuk bingkai tempat tidur, lantai, jendela, karpet, dan permukaan rumah tangga lainnya.
    • Gunakan L.O.C.™ Multi-Purpose Cleaner, pembersih serba guna serbaguna – efektif pada semua permukaan yang bisa dicuci.
    • Disinfektasi menggunakan Pursue™ Disinfectant Cleaner, disinfektan yang mampu membersihkan, mendisinfeksi, menghilangkan bau, dan mensterilkan permukaan keras dalam satu langkah.


  5. Gunakan pelindung bantal dan kasur
    Bungkus bantal dan kasur dengan pelindung anti-tungau debu yang dapat bernapas. Cuci secara teratur agar terbebas dari bedbugs dan serangga lainnya.