25 MAY 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 244 DILIHAT

Rumah Sejuk Tanpa AC? Bisa!

Belakangan cuaca cukup ekstrim. Menggunakan AC terus menerus bisa boros energi, bikin kulit kering, dan jika tak rutin dibersihkan bisa menimbulkan masalah pernapasan. Ada, lho, cara aman biar rumah berudara sejuk tanpa AC!

  1. Tutup jendela
    Jika udara terik, tutup jendela dan pintu. Pasang tirai atau gorden dengan kain blackout, yang bisa menghalangi panas sinar matahari.

  2. Optimalkan penggunaan kipas angin
    Letakkan air dingin atau air es di depan kipas angin, tutup jendela, dan biarkan kipas angin menyala, menyebarkan kesejukan air atau es ke sekeliling, sehingga membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Bisa juga menggunakan cooler yang diisi air dingin.

  3. Perbanyak tanaman yang meneduhkan
    Jika memiliki halaman, kamu bisa menanam tanaman yang meneduhkan seperti pohon mangga, pucuk merah, flamboyan, atau ketapang kencana. Tempatkan juga tanaman yang menyuplai oksigen di dalam rumah seperti sanseivera, lili paris, atau monstera.

  4. Atur kipas langit-langit
    Kipas langit-langit yang memiliki baling-baling berputar bisa diatur untuk menciptakan angin sepoi-sepoi sehingga membuat udara hangat turun (udara panas selalu bergerak ke atas).

  5. Pasang exhaust di kamar mandi dan dapur
    Kamar mandi dan dapur mengeluarkan banyak panas, untuk itu pasang exhaust fan untuk mengeluarkan uap panas sekaligus mendinginkan ruangan.

  6. Ganti lampu ke LED
    Semua peralatan elektronik memancarkan panas, termasuk bola lampu. Ganti lampu pijar ke LED yang lebih dingin dan hemat energi sehingga menghemat tagihan listrik.

  7. Gunakan AtmosphereTM Sky
    Pembersih atau penjernih udara berfungsi untuk menangkap polutan di udara, memungkinkan udara yang lebih bersih bersirkulasi kembali ke ruangan. AtmosphereTM Sky tak hanya menangkap debu saja, namun juga memfiltrasi partikel PM 2,5 dan juga memonitor kualitas udara secara menyeluruh. AtmosphereTM Sky mampu menyaring 99.9% partikel di udara hingga ukuran 0.0024 mikron, membuat udara bersih dan segar!