10 OCT 2023 HIDUP SEHAT 3 MENIT DIBACA 471 DILIHAT

Mitos & Fakta Tentang Obesitas

Meningkatnya obesitas ternyata juga diiringi meningkatnya mitos atau
kesalahpahaman mengenai penyakit ini. Agar tak memperburuk masalah, 
Yuk, ketahui mitos dan kebenarannya.

Mitos 1: Obesitas disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang buruk

Sebagian besar program obesitas menyalahkan obesitas pada pilihan makanan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Orang dengan obesitas dicap malas atau kurang motivasi.

Fakta: Penyebab obesitas seringkali multifaktorial

Gaya hidup hanyalah satu dari sekian banyak penyebab obesitas, seperti kurang olahraga, stres, kurang tidur, hormon, nyeri kronis, kondisi medis, obat-obatan, genetika, dan berbagai faktor lingkungan dan ekonomi lainnya.


Mitos 2: Penurunan berat badan akan memperbaiki masalah

Penurunan berat badan memang memperbaiki penampilan,namun ternyata tidak memperbaiki masalah, lho.

Fakta: Penurunan berat badan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan

Jika berat badan terlalu ekstrem naik-turunnya, malah akan meningkatkan risiko kehilangan otot dan menurunkan metabolisme. Ini juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, masalah tidur, batu empedu, dan komplikasi lainnya.


Mitos 3: Penurunan berat badan hanyalah tentang “kalori masuk vs kalori keluar”

Menurunkan berat badan hanya perlu membakar lebih banyak kalori (kalori keluar) daripada Anda makan (kalori masuk) . Terlalu gampang.

Fakta: "Kalori dalam vs kalori keluar" terlalu sederhana

Meskipun kalori penting, namun tipe pemikiran ini terlalu sederhana. Yang terpenting justru asupan makronutrien seperti protein, lemak, dan karbohidrat, agar tubuh tidak “lembek” juga mikronutrien dan fitonutrien. Makan untuk mendapatkan manfaat nutrisi paling penting untuk mencegah penyakit dan tetap sehat seiring waktu.


Mitos 4: Jumlah kg yang hilang adalah ukuran keberhasilan yang paling penting

Merasa kalau angka menurun pada timbangan mengindikasikan keberhasilan diet. Padahal hal ini tidak efektif dan merusak secara psikologis.

Fakta: Keberhasilan harus diukur dengan kesehatan, bukan penurunan berat badan

Kunci kesuksesan jangka panjang adalah fokus pada membuat pilihan sehat tentang diet dan olahraga, bukan tentang jumlah berat badan yang hilang.

Mengubah fokus kesuksesan menjadi hasil seperti menurunnya tekanan darah, kualitas diet, aktivitas fisik, harga diri, dan citra tubuh, lebih efektif daripada menggunakan penurunan berat badan sebagai ukuran kesuksesan.


Tips mencegah obesitas:

Minimalkan bahaya obesitas dengan selalu menjaga berat badan tetap ideal. Caranya, gabung aja di program NutriliteTM FastFit.

NutriliteTM FastFit adalah program penurunan berat badan 21 hari yang efektif, dipandu coach andal yang bisa memberikan panduan, arahan dan konsultasi kepada para peserta. Plus dukungan produk berkualitas. Tersedia 2 paket yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Paket NutriliteTM FastFit Starter Pack 1, terdiri dari: 3 BodyKey, 1 Nutrilite™ Hi-Protein dan 1 botol Nutrilite™ Hi-Fiber , 1 Nutrilite™ 1 Greentrim, 1 Nutrilite™ Lecithin E, dan 2 box PhytoBites Protein Bar.
  • Paket NutriliteTM FastFit Starter Pack 2, terdiri dari: 2 BodyKey, 2 Nutrilite™ Hi-Protein, 1 Nutrilite™ Lecithin E, 1 Nutrilite™ Hi-Fiber, 1 Nutrilite™ Greentrim, 1 Nutrilite™ Daily, dan 2 box Phytobites Protein Bar.