25 AUG 2023 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 690 DILIHAT

Pentingnya Tahu Komposisi Tubuh

Menghitung komposisi tubuh ternyata salah satu faktor penting yang menentukan diet kamu berhasil.

Apakah komposisi tubuh?

Komposisi tubuh adalah proporsi massa lemak dan non-lemak dalam tubuh. Komposisi tubuh yang sehat adalah komposisi yang mencakup persentase lemak tubuh yang lebih rendah dan persentase massa bebas lemak yang lebih tinggi.

  • Massa lemak
    Semua jaringan lemak di dalam tubuh termasuk di jaringan otot, di bawah kulit (lemak subkutan), atau di sekitar organ (lemak viseral). Beberapa lemak diperlukan untuk kesehatan secara keseluruhan.

  • Massa bebas lemak
    Massa tanpa lemak termasuk tulang, air, otot, organ, dan jaringan tanpa lemak, yang bermanfaat untuk membakar kalori untuk energi.


Faktor yang memengaruhi komposisi tubuh
Komposisi tubuh juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan seperti:

  • Usia: secara alami orang akan kehilangan massa otot seiring bertambahnya usia jika mereka tidak mempertahankannya dengan latihan beban yang cukup.
  • Gen: berperan dalam menentukan apakah kamu secara alami kurus atau memiliki kecenderungan untuk menahan lemak, termasuk di mana kamu menyimpannya.
  • Hormon: dapat memengaruhi retensi air dan komposisi tubuh.
  • Jenis kelamin: wanita memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada pria sebagai cara alami untuk mempersiapkan kehamilan dan menyusui.

Pentingnya mengetahui komposisi tubuh

  1. Komposisi tubuh menunjukkan seberapa besar berat tubuh mengandung lemak. Mengetahui komposisi tubuh dapat membantu menilai tingkat kesehatan dan kebugaran.
  2. Mengetahui komposisi tubuh akan membantu memiliki program pengelolaan berat badan yang lebih sehat.
  3. Kelola komposisi tubuh ideal dengan Nutrilite FastFit Starter Kit yang akan membantu membantu penurunan berat badan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar perut dalam waktu 21 hari.