29 JAN 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA 205 DILIHAT

Kiat Mengurangi Massa Lemak

Tahukah Anda, meski berat tubuh terlihat ideal, namun ternyata bisa memiliki massa lemak berlebih, lho (skinny fat)!

Selain diet dan olahraga, banyak faktor lain yang dapat memengaruhi penurunan berat badan dan lemak. Untungnya, ada banyak langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pembakaran lemak dengan cepat dan mudah.

1. Mulailah latihan kekuatan

    Latihan kekuatan adalah jenis latihan yang mengharuskan Anda untuk mengencangkan otot melawan resistensi. Latihan ini sangat berguna untuk membangun massa otot, mengurangi massa lemak, dan meningkatkan kekuatan. Latihan kekuatan telah terbukti meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat dan mengurangi lemak perut, terutama jika dikombinasikan dengan latihan aerobik.

    2. Ikuti diet tinggi protein

      Meningkatkan asupan protein termasuk daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan produk susu dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak, menurunkan asupan kalori, mengurangi massa lemak, dan menjaga massa otot.

      3. Perbanyak tidur

        Tidur yang cukup (minimal 7 jam permalam) ternyata dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan mencegah penambahan berat badan. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan perubahan hormon kelaparan, peningkatan nafsu makan, dan risiko obesitas yang lebih tinggi.

        4. Makan lebih banyak lemak sehat

          Lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu mengurangi nafsu makan. Asupan lemak sehat yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan yang lebih rendah dan penurunan massa lemak di perut.

          5. Minum minuman yang lebih sehat

            Hindari minuman bergula dan beralkohol karena dapat meningkatkan risiko lemak perut. Air minum dan teh hijau adalah pilihan bagus karena kaya antioksidan, karena membantu meningkatkan penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak.

            6. Penuhi kebutuhan serat

              Serat larut menyerap air dan bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan, membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Asupan serat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak, penurunan asupan kalori, dan penurunan berat badan yang lebih besar.

              Selain dari buah-buahan, sayuran, polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, Anda juga bisa mendapatkan manfaat serat dengan mengonsumsi Nutrilite™ Hi-Fiber Powder, yang mengandung manfaat chicory untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian.