27 JAN 2021 KESEHATAN 2 MENIT DIBACA 212 DILIHAT

5 Tanda Skinny Fat!

Jangan senang dulu kalau pas menimbang berat badan, berat Anda ideal. Lemak ternyata bukan hanya yang terlihat saja, namun juga bisa tak kasat mata, yang dikenal dengan skinny fat.

Jenis lemak

Lemak dibagi menjadi dua jenis yaitu lemak subkutan yang terlihat dan lemak visceral yang tak terlihat karena berada di sekitar organ tubuh sehingga kasat mata, seperti di hati, jantung, saluran pencernaan, dan paru-paru. Kondisi ini meningkatkan risiko tinggi terkena diabetes dan masalah kardiovaskular.

Tanda-tanda skinny fat

Berikut ini tanda umum jika Anda memiliki skinny fat:

  1. Memiliki muffin top

Muffin top merupakan tumpukan lemak di bagian perut atau pinggul bagian bawah yang biasanya terlihat ketika mengenakan celana atau rok ketat yang menjepit di bagian pinggang dan menyebabkan lemak di pinggang dan perut seperti “keluar”.

  1. Susah melakukan gerakan olahraga

Jika Anda merasa susah melakukan gerakan olahraga seperti push up, sit up, atau gerakan yang berhubungan dengan otot perut, kemungkinan memiliki kelebihan lemak di daerah sekitar perut dan pinggang.

  1. Faktor keturunan

Bisa juga dialami karena faktor genetik, terutama jika orang tua atau saudara kandung menderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi. Untuk itu lakukan olahraga dan diet seimbang untuk menurunkan risikonya.

  1. Jarang mengonsumsi makanan yang sehat

Waspada jika Anda sering makan junk food dan minuman bersoda, karena tanpa sadar menimbun lemak di tubuh.

Cara mengecek lebih akurat

Contoh di atas hanya sebagian kecil dari tanda skinny fat, jika ingin hasil lebih akurat Anda bisa menggunakan alat untuk mengukur komposisi tubuh.

BodyKey menyediakan 2 alat akurat untuk mengetahui komposisi tubuh, termasuk massa lemak, yaitu:

  1. Karada Scan (tipe HBF375) BMI, akurat mengukur massa lemak, massa otot, dan body age (umur biologis tubuh).
  2. InBody Dial (tipe H20N), akurat untuk BMI, massa lemak, massa otot, dan bisa disinkronisasi ke aplikasi BodyKey.