09 AUG 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 127 DILIHAT

Fakta Rambut Rontok

Ketahui fakta yang benar tentang rambut rontok agar Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.

1.  Rambut rontok itu normal

    Ternyata, kalau kita kehilangan 50-100 helai rambut yang rontok per hari itu masih dalam batasan normal, lho. Jumlah kerontokan rambut memang bervariasi dan tidak setiap orang sama jumlah kerontokannya tergantung siklus rambutnya.

    2.  Bisa terjadi pada pria dan wanita

      Pada beberapa pria, kerontokan rambut dapat terjadi lebih awal dan mereka mungkin mulai menyadari kerontokan atau penipisan rambut pada usia 20-an. Rambut rontok juga bisa terjadi pada wanita terutama ketika memaska masa pascamenopause.

      3.  Perbedaan pola kebotakan pria dan wanita*

      • Pria: pola kebotakan mempengaruhi sekitar 50% pria di atas usia 50 tahun. Rambut biasanya pertama kali rontok di pelipis atau di bagian atas kepala menuju ke belakang.
      • Wanita: sekitar 50% wanita di atas usia 65 tahun menderita kebotakan. Rambut biasanya pertama kali rontok di bagian atas kepala, lalu rambut menipis dan garis rambut tetap utuh.

      4.  Faktor penyebab rambut rontok

        Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, di antaranya:

        • Sering terpapar bahan kimia karena proses hair styling seperti pewarnaan, pengeritingan, atau bleaching. Panas dari peralatan dapat melemahkan protein di rambut yang mengurangi kekuatan rambut Anda.
        • Faktor keturunan yang dikenal secara medis sebagai androgenetic alopecia* yang disebabkan oleh kombinasi genetik dan hormonal.
        • Penggunaan obat-obat tertentu seperti kanker, radang sendi, depresi, atau tekanan darah tinggi.

        5.  Kerontokan dapat dicegah

        Tidak semua jenis kerontokan rambut dapat dicegah, namun, ada berbagai metode dan perawatan yang dapat membantu mengurangi penipisan rambut dan memperlambat kerontokan rambut, seperti penggunaan Satinique Anti-Hairfall Shampoo & Conditioner. Sampo dan kondisioner yang diformulasikan secara khusus untuk membantu merawat rambut yang rapuh dan menipis sehingga dapat mengurangi kerontokan. Kandungan EnerjuveTM Complex plus ginseng dan mulberry leaf extract membantu merawat kulit kepala. Gunakan rangkaian sampo & kondisioner untuk hasil yang maksimal.

        *https://www.bad.org.uk/shared/...