18 MAR 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA

Cara Ampuh Tenangkan Bayi Rewel

Merawat bayi memerlukan kesabaran dan latihan. Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu menenangkan bayi yang sedang rewel.

  1. Buat ia merasa nyaman
    Bayi rewel biasanya dapat dipicu oleh berbagai alasan seperti mengantuk, lapar, ruam, tidak nyaman dan sebagainya. Cek popoknya apakah basah atau pup, lalu ganti dengan yang baru. Bungkus bayi dengan selimut besar dan tipis (minta perawat atau dokter anak untuk menunjukkan cara melakukannya dengan benar) untuk membantu mereka merasa aman.

  2. Pastikan ia kenyang
    Untuk bayi yang disusui:
    • Coba ubah pola makannya. Lihat apakah bayi tidak terlalu rewel jika dikurangi ASI-nya. Jika kepekaan terhadap makanan adalah penyebab ketidaknyamanan, perubahan pola makan dapat membantu.
    • Hindari memberi makan bayi secara berlebihan karena dapat membuat mereka tidak nyaman. Cobalah untuk menunggu setidaknya 2 hingga 2½ jam dari awal pemberian makan yang satu ke yang berikutnya.
    • Jika belum waktunya untuk memberi makan, tawarkan dot atau bantu bayi menemukan ibu jari atau jarinya. Banyak bayi ditenangkan dengan mengisap.

      Untuk bayi yang diberi susu botol, tanyakan kepada dokter anak apakah harus mencoba susu formula yang berbeda. Ini telah terbukti bermanfaat bagi beberapa bayi.

  3. Tenangkan dan tidurkan

    1. Ajak bayi berjalan-jalan dengan gendongan atau goyang-goyang. Gerakan menenangkan mengingatkan bayi akan gerakan yang mereka rasakan di dalam rahim.
    2. Pegang bayi di lengan dan letakkan tubuhnya di sisi kiri untuk membantu pencernaan atau perut untuk menopang. Gosok punggungnya dengan lembut. Jika bayi tertidur, ingatlah untuk selalu membaringkannya di tempat tidurnya dengan punggungnya terlebih dulu baru kepala.
    3. Nyalakan AtmosphereTM Mini agar bayi menghirup udara yang segar dan bebas kontaminan yang akan membuatnya tidur nyenyak. AtmosphereTM Mini adalah penjernih udara dengan 3 in 1 filter yang efektif menghilangkan 99, 99% partikel sekecil 0, 0024 mikron. Menjadikan kamar berudara bersih, bebas bau, virus, polusi, debu, allergen, dan jamur.