30 AUG 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 317 DILIHAT

Bahayakah Polusi di Dalam Mobil?

Ternyata tak hanya udara di luar yang mengandung polutan. Di dalam mobil pun juga berpolusi dan tak kalah berbahayanya.

Bahaya polusi udara memang tak bisa diabaikan. Mulai dari gangguan pernapasan hingga penyakit serius bisa disebabkan oleh paparan radikal bebas ini. Tidak hanya di jalanan, polusi juga ada di dalam rumah bahkan di kabin mobil.

Apa penyebab polusi udara dalam mobil?

Sumber polutan di mobil paling tinggi disebabkan oleh VOC, senyawa organik yang

biasanya terdapat pada busa mobil di jok, karpet, dasbor, atau lem yang digunakan di mobil untuk menjaga barang-barang di tempatnya. Selain VOC, partikel yang dilepaskan dari rem mobil dan hidrokarbon aromatik dari berbagai komponen interior dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Bau asap rokok, karbon dioksida, asap rokok, bulu hewan, debu, jamur, adalah sumber lain yang menyebabkan polusi udara di dalam mobil.

Mengapa polusi udara di dalam mobil lebih berbahaya daripada di luar?

Polusi di dalam kabin mobil tinggi karena menyerap emisi dari lingkungan dan mensirkulasi ulang di kabin mobil. Faktanya, separuh polutan di dalam mobil berasal dari kendaraan yang berada tepat di depan. Ventilasi udara dan bukaan lain di dalam mobil memudahkan polutan masuk ke kabin mobil.

Bagaimana pengaruhnya terhadap anak-anak?

Anak-anak lebih rentan terkena efek berbahaya polusi karena mereka biasanya duduk di kursi belakang mobil. Kipas mobil menghisap knalpot atau asap yang keluar dari truk atau mobil di belakang. Hal ini mempengaruhi paru-paru anak-anak yang kurang berkembang dan mereka menghadapi peningkatan risiko sensitisasi yang menyebabkan asma dan masalah pernapasan.

Bagaimana mengatasinya?

Salah satu cara efektif mengatasi polusi udara dalam mobil adalah dengan menggunakan alat pembersih udara mobil Atmosphere Drive, karena:

  • Memiliki 3 in 1 filter, yang merupakan gabungan pre-filter, particulate filter, dan odor filter, sehingga mampu menyaring kontaminan hingga sekecil PM 2.5
  • Satu-satunya produk penjernih udara di dalam mobil yang mendapatkan sertifikat UK Allergy, sebuah pengakuan internasional yang menyatakan bahwa produk ini bebas alergi sehingga aman bahkan untuk bayi sekalipun.
  • Dilengkapi dengan smart technology untuk membaca masa pakai filter secara otomatis.