10 MAR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 313 DILIHAT

Apa yang Bikin Imunitas Lemah?

Sudah merasa menjalankan hidup sehat tapi masih sering sakit kepala, lelah, atau gejala tidak menyenangkan lainnya? Kemungkinan beberapa kebiasaan gaya hidup Anda berkontribusi pada melemahnya sistem kekebalan.

Berikut 6 kebiasaan gaya hidup yang sebaiknya Anda ubah:

1.  Terlalu banyak duduk

    Duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, kanker, dan kematian dini. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menonton TV, duduk di depan komputer, atau bermalas-malasan di sofa, semakin besar peluang Anda untuk menderita penyakit.

    Jika Anda duduk dalam waktu yang lama, istirahatlah setiap 30 menit untuk berdiri, meregangkan tubuh, dan berjalan-jalan untuk meningkatkan kekebalan Anda.

    2.  Latihan berlebihan

      Berolahraga secara teratur memang sangat bagus untuk kesehatan dan sistem kekebalan Anda secara keseluruhan. Namun, berolahraga terlalu banyak tanpa pemulihan yang cukup di antara latihan dapat menyebabkan masalah termasuk kurang tidur, depresi, penurunan kinerja, dan ketidakteraturan menstruasi pada wanita. Jika rutinitas olahraga menyebabkan Anda mengalami kelelahan, coba kurangi intensitas latihan atau ambil satu hari libur ekstra untuk pemulihan.

      3.  Manajemen stres yang buruk

        Stres adalah respons normal terhadap situasi yang mengancam, tetapi stres kronis yang tidak kunjung hilang dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat lebih rentan terhadap penyakit dan penyakit.

        Segera kelola stres dan perkuat sistem kekebalan melalui meditasi, pernapasan dalam, atau olahraga intensitas sedang secara teratur.

        4.  Merokok dan asupan alkohol berlebihan

          Merokok sudah jelas merusak kesehatan dan memicu beragam penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, stroke, hingga serangan jantung. Sebaiknya hentikan merokok atau batasi konsumsi alkohol agar imunitas kembali normal.

          5.  Merasa kesepian

            Di masa pandemi ini, kita jadi tidak bisa mengunjungi teman dan saudara. Orang yang menderita kesepian, terutama jika mereka juga hidup sendiri, cenderung memiliki sel kekebalan yang lemah sehingga menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus.

            Jika Anda merasa kesepian, temukan tujuan baru dalam hidup atau menyibukkan diri dengan aktivitas positif seperti berkebun dan berolahraga. Manfaatkan juga video call atau fasilitas online meeting untuk melepas rindu.

            6.  Kurang tidur

              Kurang tidur merusak fungsi sel dan protein yang melawan infeksi dan penyakit. Batasi waktu menggunakan TV, komputer, dan telepon sebelum tidur untuk mencegah gangguan tidur. Jika Anda menderita gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea maka konsultasikan dengan spesialis untuk menangani gangguan tidur Anda.

              Sumber:

              https://www.urmc.rochester.edu...

              https://www.apa.org/research/a...

              https://healthcareassociates.c...