14 OCT 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 199 DILIHAT

8 Faktor Risiko Osteoporosis

Tahukah kamu, seiring bertambahnya usia, kepadatan massa tulang pun berkurang. Apalagi jika termasuk ke dalam 8 faktor yang bisa meningkatkan risiko osteoporosis ini.

  1. Jenis kelamin
    Peluang wanita terkena osteoporosis lebih besar. Wanita memiliki lebih sedikit jaringan tulang dan kehilangan tulang lebih cepat daripada pria karena perubahan yang terjadi dengan menopause.

  2. Usia
    Semakin tua usia maka semakin besar risiko osteoporosis, karena tulang menjadi lebih tipis dan lebih lemah seiring bertambahnya usia.

  3. Ukuran badan
    Wanita bertubuh kecil dan kurus memiliki risiko lebih besar. Wanita Kaukasia dan Asia berada pada risiko tertinggi. Wanita Afrika Amerika dan Hispanik memiliki risiko yang lebih rendah tetapi signifikan.

  4. Sejarah keluarga
    Risiko patah tulang mungkin disebabkan, sebagian, karena faktor keturunan. Orang yang orang tuanya memiliki riwayat patah tulang juga tampaknya mengalami penurunan massa tulang dan mungkin berisiko mengalami patah tulang.

  5. Asupan kalsium dan vitamin D
    Diet rendah kalsium dan vitamin D membuat tubuh lebih rentan terhadap keropos tulang. Untuk itu selalu penuhi kebutuhan gizi seimbang dengan cukup mengonsumsi makanan kaya kalsium, dan NutriliteTM Cal Mag untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian. NutriliteTM Cal Mag mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut, magnesium dan vitamin D3.

  6. Penggunaan obat
    Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti glukokortikoid dan beberapa antikonvulsan dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang dan patah tulang.

  7. Gaya hidup
    Gaya hidup yang tidak aktif atau istirahat di tempat tidur yang lama cenderung melemahkan tulang.

  8. Merokok & asupan alkohol
    Merokok dan minum alkohol tidak baik untuk tulang serta jantung dan paru-paru. Keduanya jika dikonsumsi berlebihan meningkatkan risiko keropos tulang dan patah tulang.