24 SEP 2022 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 201 DILIHAT

Apa & Manfaat Kesehatan Tulang

Tulang yang sehat dan kuat tidak bisa didapat instan. Ketahui yuk, apa saja yang perlu kamu tahu tentang kesehatan tulang ini.

Apa fungsi tulang?

Tulang memainkan banyak peran dalam tubuh seperti menyediakan struktur, melindungi organ, menambatkan otot, dan menyimpan kalsium.

Mengapa penting menjaga kesehatan tulang?

Menjaga kesehatan tulang tak hanya dimulai sejak kanak-kanak dan remaja saja, namun di masa dewasa pun juga perlu melindungi kesehatan tulang. Mengapa? Karena tulang terus berubah.

  • Ketika muda, tubuh membuat tulang baru lebih cepat daripada memecah tulang tua, dan massa tulang pun meningkat.
  • Kebanyakan orang mencapai puncak massa tulang mereka sekitar usia 30. Setelah itu, remodeling tulang berlanjut, tetapi mulai kehilangan massa tulang sedikit lebih banyak daripada yang diperoleh.

Siapa yang berisiko mengalami ostroporosis?

Osteoporisis adalah suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Seberapa besar terkena osteoporosis tergantung pada seberapa banyak massa tulang yang dicapai pada saat mencapai usia 30 tahun dan seberapa cepat kehilangannya setelah itu.

Semakin tinggi massa tulang puncak, maka semakin banyak tulang yang tersimpan dalam”bank” tulang, dan semakin kecil kemungkinan terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Apa yang mempengaruhi kesehatan tulang?

Kesehatan tulang dipengaruhi oleh jumlah kalsium dalam diet (hindari diet rendah kalsium), aktivitas fisik, kebiasaan merokok, keturunan, usia, hingga penggunanaan obat kortikosteroid jangka panjang, seperti prednison, kortison, prednisolon dan deksametason, bisa merusak tulang.

Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang?

  • Hindari merokok dan lakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harianmu adalah cara sederhana untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Konsumsi juga makanan kaya kalsium seperti produk susu, almond, brokoli, kangkung, salmon kaleng dengan tulang, sarden dan produk kedelai, seperti tahu.
  • Juga kaya vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium lebih maksimal.
  • Jika tidak terpenuhi, konsumsilah NutriliteTM Cal Mag D Suplementasi kalsium, magnesium dan vitamin D untuk kesehatan tulang. NutriliteTM Cal Mag D mengandung kalsium yang bersumber dari rumput laut, magnesium dan vitamin D3.