23 NOV 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 81 DILIHAT

Menjaga Kesehatan Tulang

Ingin di masa tua tulang tetap kuat? Salah satu kuncinya adalah jagalah kesehatan tulang dengan asupan kalsium yang cukup.

Pentingnya kalsium

Kalsium sangat penting untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang sepanjang hidup. Kalsium bergabung dengan mineral lain untuk membentuk kristal keras yang memberi kekuatan dan struktur tulang.

Sejumlah kecil kalsium diserap ke dalam darah dan digunakan untuk fungsi jantung, otot, darah, dan saraf yang sehat. Tulang bertindak seperti bank kalsium. Jika tidak ada cukup kalsium dalam makanan, maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang sehingga kepadatan tulang secara bertahap akan menyusut dan berisiko mengalami osteoporosis.

Sumber kalsium

Cara terbaik untuk mencapai asupan kalsium yang direkomendasikan adalah dengan makan makanan yang kaya kalsium seperti susu, keju, yogurt, seafood, sayuran (mentimun, kale, silverbeat, sawi putih, brokoli, selada air, bok choy), kacang & biji-bijian (almond, kacang brazil, hazelnut), buah-buahan (jeruk, stroberi), juga tahu dan telur.

Jika asupan kalsium tak cukup dari makanan sehari-hari, bisa ditambah dengan mengonsumsi NutriliteTM Cal Mag D, suplementasi kalsium bersumber dari rumput laut yang terkalsifikasi, magnesium, dan D3. Ketiganya memiliki peran yang saling berkaitan. Magnesium berperan untuk membangun sel tulang yang baru dan aktivasi vitamin D dalam mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat guna menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang. Vitamin D3 bersama magnesium membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Jadi, penuhi kebutuhan kalsium dari sekarang agar tulang tetap kuat!