11 JUN 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 76 DILIHAT

5 Tanda Hormon Tidak Seimbang

Masalah hormon bukan masalah sepele, lho. Jika hormon tidak seimbang, maka bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Waspadai tanda-tandanya ini, yuk.

 

1. Perubahan suasana hati

Hormon wanita estrogen berpengaruh pada neurotransmitter di otak termasuk serotonin (zat kimia yang meningkatkan mood). Fluktuasi estrogen dapat menyebabkan sindrom pramenstruasi (PMS) atau suasana hati tertekan selama perimenopause (fase sebelum menstruasi berhenti) dan menopause.

2. Nyeri haid

Tingginya kadar estrogen dan rendahnya kadar progesteron adalah penyebab nyeri hebat saat menstruasi. Semakin tinggi kadar estrogen, semakin tebal lapisan rahim.

3. Insomnia dan kualitas tidur buruk

Penurunan kadar estrogen juga dapat menyebabkan rasa lelah, kurang energi, dan susah tidur.   

4. Kenaikan berat badan

Kadar estrogen yang berkurang bisa menyebabkan keinginan untuk makan lebih banyak. Hal ini disebabkan level estrogen juga dapat memengaruhi jumlah leptin, yaitu salah satu hormon penting yang mengatur nafsu makan.

5. Jerawat

Jerawat kronis pada orang dewasa dapat menjadi tanda rendahnya kadar estrogen dan progesteron serta tingginya kadar hormon androgen. Demikian pula ketidakseimbangan hormon selama kehamilan atau menopause dapat menyebabkan kulit gatal, sedangkan kulit kering merupakan gejala menopause atau masalah tiroid.

 

Protein, bantu seimbangkan hormon

Salah satu cara untuk menyeimbangkan hormon adalah dengan memastikan asupan protein harian yang cukup. Mengapa?  Hormon berasal dari asam amino atau lipid*, yang merupakan komponen utama penyusun protein.

  • Penuhi asupan protein harian dan pilih protein nabati yang kaya asam esensial seperti Nutrilite™ Hi-Protein All Plant, yang terbuat dari kombinasi  kacang  kedelai, kacang polong dan biji gandum  dari ladang Nutrilite™.
  • Nutrilite™ Hi-Protein All Plant mengandung  9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh.
  • Nutrilite™ Hi-Protein All Plant rendah kalori dan tinggi protein. Setiap  2 scoop Nutrilite™ Hi-Protein All Plant mengandung sekitar 80 kalori dan 17 gr protein, yang dapat memenuhi  22%-28% kebutuhan protein harian.

Hormon seimbang, fungsi tubuh pun lancar!

Sumber:

 *https://training.seer.cancer.gov/anatomy/endocrine/hormones.html