03 SEP 2023 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 622 DILIHAT

5 Efek Dehidrasi Pada Kualitas Tidur

Belakangan tidurmu terganggu? Coba, cek, sudah cukupkah asupan harian minummu? Soalnya, dehidrasi juga bisa mengganggu kualitas tidur, lho!


Gejala dehidrasi yang bisa mengganggu tidur

  1. Kejang Otot
    Dehidrasi dapat menyebabkan kejang otot, sehingga sulit untuk tertidur atau berpotensi membangunkan seseorang di tengah malam. Ingat, massa otot terdiri dari 76% air, menurut ulasan penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2019 di Nutrients*.

  2. Kram Otot
    Kram otot adalah gejala lain dari dehidrasi, yang kadang-kadang dapat menyebabkan pengencangan otot betis atau kaki yang menyakitkan yang dapat membangunkan seseorang di tengah malam.

  3. Sakit kepala
    Saat mengalami dehidrasi, otak dan jaringan lain di tubuh menyusut (berkontraksi), menekan saraf dan menyebabkan rasa sakit. Dehidrasi ringan pun dapat menyebabkan sakit kepala yang dapat mengganggu tidur.

  4. Merasa haus pada dini hari
    Rasa haus dapat menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam atau dini hari, sehingga tidur pun terganggu.

  5. Mulut kering
    Dehidrasi dapat menyebabkan mulut terasa sangat kering saat tidur. Saat mengalami dehidrasi, tubuh tidak mampu memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan mulut. Padahal air liur sangat penting karena membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi dengan membersihkan makanan dan bakteri.


Apa solusinya?

Solusinya adalah penuhi asupan harian air minum minimal 8 gelas sehari dan sesuaikan dengan aktivitas serta kebutuhan tubuhmu. Yang tak kalah pentingnya, pilih air minum yang bebas kontaminan.

Caranya, gunakan eSpringTM, penjernih air yang efektif menghilangkan 99,9% bakteri, virus serta 140 jenis kontaminan berbahaya dalam air dengan ukurannya hingga 300 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia.

eSpringTM adalah alat penjernih air tersertifikasi yang didukung oleh teknologi sinar Ultraviolet untuk memperbaiki rasa, menjernihkan air dan menghilangkan bau.

Jadi, pastikan minum air bebas kontaminasi dari eSpringTM agar tubuhmu memiliki hidrasi yang cukup sehingga tidur nyenyak!


Sumber: 

*https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...