03 SEP 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 107 DILIHAT

5 Alasan Harus Memasak Sehat

Untuk hidup sehat kita dianjurkan untuk memasak dengan cara yang sehat pula. Ternyata anjuran ini ada dasarnya, lho. Nah, berikut ini alasannya menurut sains.

  1. Keterampilan memasak berhubungan langsung dengan pilihan makanan seimbang
    Menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, keterampilan memasak berkorelasi langsung dengan konsumsi sayur dan makanan sehat lainnya. Memasak secara teratur di rumah meningkatkan asupan makanan sehat dan memiliki kontrol yang lebih baik atas pilihan makanan bernutrisi yang tepat.

  2. Orang yang sering memasak makan malam di rumah mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang tidak
    Studi menunjukkan bahwa masakan rumahan adalah modal utama dari diet sehat. Orang yang sering memasak makanan di rumah bisa makan lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang memasak lebih jarang.

  3. Memasak sehat secara teratur dapat membantu mencegah penyakit kronis
    Makanan yang dijual di luar sering kali sarat dengan kalori, lemak tidak sehat, dan gula, yang jelas berpotensi menyebabkan penyakit serius. Menurut penelitian, memasak sehat secara teratur akan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga tubuh berfungsi dengan baik dan menurunkan risiko berkembangnya penyakit.

  4. Orang yang rutin makan di rumah lebih banyak mengonsumsi sayur, buah & makanan padat nutrisi lainnya
    Memasak di rumah memudahkan pemilihan resep yang menggunakan sayuran berwarna-warni dan manfaat dari nutrisi yang dikandungnya. Perhatikan juga alat masak yang digunakan, pilih alat masak yang bisa menjaga kandungan nutrisi seperti Amway Queen Seven-Ply Wok 30cm yang terbuat dari multiply stainless steel yang mampu mendistribusikan panas dengan baik, dilengkapi teknologi Vitalok, yaitu metode memasak yang mampu mempertahankan 1/3 lebih banyak nutrisi, menjaga rasa dan warna makanan, sehingga tampak segar dan lezat.

  5. Keterampilan memasak & menyiapkan makanan di usia muda memprediksi hasil gizi saat dewasa
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memasak di usia muda dapat memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan dan kesehatan. Dampak belajar memasak saat muda akan memudahkannya menyiapkan makanan sehat ketika dewasa kelak.

1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.go...

2https://clf.jhsph.edu/about-us...

3https://www.researchgate.net/p...

4https://www.ncbi.nlm.nih.gov/p...,according%20to%20HbA1c%20level

5https://www.sciencedaily.com/r...