21 DEC 2020 GAYA HIDUP 2 MENIT DIBACA 121 DILIHAT

Apakah Alat Masak Anda Sehat?

Sia-sia, dong, sudah menyiapkan bahan makanan yang sehat, ternyata racunnya justru berasal dari alat masak yang Anda gunakan. Coba cek apakah peralatan masak Anda sehat.

Bahaya bahan kimia

Bahan kimia ternyata kerap digunakan dalam membuat peralatan masak anti lengket seperti panci dan wajah. Bahan kimia ini bisa larut ke dalam makanan yang Anda masak dan dilepaskan ke udara ketika peralatan masak dipanaskan.

Menurut Environmental Working Group (EWG)*, organisasi pemerhati lingkungan di Amerika, pelapis antilengket kimia dapat mencapai 700 derajat Fahrenheit hanya dalam 3-5 menit, melepaskan 15 gas dan bahan kimia beracun, termasuk dua karsinogen.

Lapisan anti lengket

Keramik dan teflon adalah dua bahan yang sering digunakan sebagai pelapis alat masak anti lengket. Perbedaan utama terletak pada komposisi lapisan anti lengket.

Teflon

Lapisan teflon mengeluarkan asap beracun ketika dipanaskan hingga suhu tertentu. Reaksi teflon terhadap panas tinggi inilah yang dikhawatirkan.

Jika Anda menggunakan alat masak dilapisi teflon:

√ Gunakan api kecil untuk meminimalkan paparan kimia

√ Perhatikan keausan atau pengelupasan permukaan antilengket

√ Gunakan spatula kayu untuk meminimalkan goresan.

• Keramik

Pelapis keramik lebih aman karena bebas timbal, kadmium, PFOA dan PTFE. Lapisan keramik seperti Thermolon terbuat dari mineral alami. Peralatan masak keramik harus digunakan dengan panas rendah hingga sedang untuk melindungi lapisan anti lengketnya.

Savorlife 5in1, panci serbaguna nan sehat

Salah satu alat masak anti lengket yang aman adalah Savorlife 5in1, karena menggunakan coating (pelapisan) keramik sehingga tidak memicu gas atau bahan beracun. Selain itu juga praktis karena bisa digunakan untuk merebus, memanggang, membakar, menggoreng, bahkan mengukus.

Keunggulan lain:

• Dilengkapi keranjang penggorengan, baki pengukur, cooper pan, spaula, dan tutup kaca tempered

• Memiliki penyebaran panas yang merata

• Aman untuk masakan sehari-hari dan ramah lingkkungan

• Kuat dan tahan lama, dengan ketebalan aluminium 2.5mm

• Ukuran besar dengan kapasitas 4L

Dengan Savorlife 5in1 Anda akan merasa tenang karena menyajikan makanan yang sehat untuk keluarga tercinta.

* https://www.mnn.com/food/healthy-eating/questions/whats-the-safest-cookware