17 APR 2021 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA

Tips Masak Agar Nutrisi Tetap Terjaga

Memilih bahan makanan yang sehat
  • Pilih daging tanpa lemak dan produk susu rendah lemak.
  • Pilih sayuran dan buah-buahan yang segar.
  • Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kedelai, zaitun, dan alpukat adalah pilihan yang lebih sehat karena mengandung asam lemak rantai panjang esensial dan lemak ini disertai dengan nutrisi baik lainnya.
  • Batasi makanan cepat saji, keripik, keripik, daging olahan, kue kering, dan pai, yang semuanya mengandung lemak dalam jumlah besar.
Cara memasak yang sehat
  • Pilih metode memasak dengan cara mengukus, memanggang, memanggang, merebus, merebus, daripada menggorengnya.
  • Buang kulit ayam dan potong lemak dari daging.
  • Gunakan yoghurt rendah lemak, susu rendah lemak, susu skim evaporasi atau tepung maizena alih-alih krim dalam saus atau sup.
  • Batasi penggunaan garam karena berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi. Misalnya dengan cara:
  • Jangan langsung menambahkan garam pada masakan tapi cicipi dulu.
  • Tambahkan sedikit minyak zaitun, cuka atau jus lemon menjelang akhir waktu memasak atau ke sayuran yang dimasak. Ketiga bahan tersebut dapat meningkatkan rasa dengan cara yang sama seperti garam.
Mempertahankan nutrisi

Vitamin yang larut dalam air bersifat lembut dan mudah hancur selama persiapan dan pemasakan. Untuk meminimalkan kehilangan nutrisi, coba cara ini:

  • Gosok sayuran dan buah daripada dikupas, karena banyak nutrisi ditemukan di dekat kulit.
  • Jika Anda suka merebus sayuran, gunakan sedikit air dan jangan terlalu lama dibiarkan mendidih.
  • Sertakan lebih banyak resep tumis dalam makanan Anda. Sayuran tumis dimasak dengan cepat untuk mempertahankan kerenyahannya (dan nutrisi terkait).
  • Gunakan alat masak yang bisa menjaga kandungan nutrisi bahan makanan seperti nutrisinya.seperti Amway QueenTM. Peralatan masak Amway Queen terbuat dari multiply stainless steel, yang mampu mendistribusikan panas secara merata serta menggunakan Teknologi VitalokMetode memasak yang mampu mempertahankan 1/3 lebih banyak nutrisi, menjaga rasa dan warna makanan, sehingga tampak segar dan lezat.