17 JAN 2022 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 419 DILIHAT

Memasak Makanan Sehat Untuk Tahun Baru

Tahun baru sudah tiba, sajikan makanan lezat bernutrisi tinggi untuk merayakannya. Berikut ini tipsnya.

1.  Usahakan lemak seminimal mungkin

  • Minimalkan memilih bahan makanan berlemak seperti daging tanpa lemak dan dada ayam tanpa kulit.
  • Pilih produk susu rendah lemak dan batasi makanan olahan untuk meminimalkan lemak tersembunyi.
  • Jika terpaksa menambahkan lemak saat memasak, jaga agar tetap minimum dan gunakan minyak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan minyak canola.
  • Pilih menu makanan berbahan kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, kedelai, zaitun, dan alpukat karena mengandung asam lemak esensial dan nutrisi baik lainnya.
  • Batasi makanan cepat saji, keripik, keripik, daging olahan, kue kering, dan pai, yang semuanya mengandung banyak lemak.

2.  Masakan rendah lemak

  • Jika perlu menggunakan minyak, cobalah semprotan memasak atau oleskan sedikit minyak dengan sikat kue.
  • Masak dalam cairan (seperti kaldu, anggur, jus lemon, jus buah, cuka atau air) daripada menggunakan minyak.
  • Gunakan yoghurt rendah lemak, susu rendah lemak, susu skim evaporasi atau tepung jagung sebagai pengganti krim dalam saus atau sup.
  • Untuk menumis sayuran, masukkan sayuran ke dalam wajan panas lalu semprot dengan minyak, bukan menambahkan minyak terlebih dahulu ke wajan untuk mengurangi jumlah minyak yang diserap sayuran selama memasak.
  • Daripada menggoreng sayuran, lebih baik masak dulu dalam microwave, lalu panggang selama 1-2 menit.
  • Ganti krim asam, mentega atau saus krim dengan pesto, salsa, dan cuka.

3.  Pertahankan nutrisi saat memasak

Vitamin yang larut dalam air bersifat halus dan mudah hancur selama persiapan dan memasak. Untuk meminimalkan kehilangan nutrisi, masaklah menggunakan Amway Queen™ Seven-Ply Wok, panci Seven-Ply berdiameter 30 cm yang dilengkapi tutup stainless steel dengan teknologi Vitalok yang mampu mempertahankan 1/3 lebih banyak nutrisi, menjaga rasa dan warna makanan, sehingga tampak segar dan lezat. Selain itu juga dilengkapi:

  • Steamer rack, untuk mengukus dan dapat digunakan terpisah sebagai alas untuk mendinginkan makanan.
  • Lotus rack, rak untuk mengeringkan makanan dari minyak, sekaligus bisa membuat makanan tetap hangat sambil menggoreng.
  • Aman digunakan dengan kompor gas atau kompor listrik.
  • Dasar panci yang rata membuat panci lebih stabil jika ditempatkan di atas kompor maupun di atas meja.
  • Lapisan pada kenop tutup dan pegangan panci yang tahan panas.