24 MAY 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 1 MENIT DIBACA 274 DILIHAT

Cara Mudah Atasi Kepala Anak yang Gatal

Seringkali kepala anak gatal, ruam, atau bahkan muncul cradle cap. Tak perlu bingung, atasi dengan cara berikut ini.

  1. Ubah rutinitas mandi
    Salah satu penyebab kulit kepala anak yang gatal adalah karena iritasi saat mandi, misalnya saja mencuci rambutnya setiap hari atau menggunakan air yang terlalu panas. Saatnya mengubah rutinitas mandinya. Sebaiknya cuci rambutnya seminggu sekali karena mencuci terlalu sering dapat menyebabkan kulit kepalanya kering dan menjadi gatal.
  2. Mengganti Sampo
    Banyak sampo memiliki bahan kimia keras yang dapat mengeringkan kulit kepala. Pilih sampo yang diformulasikan untuk anak yang lembut dan aman seperti Sudzy Shampoo. Sabun mandi gel ini mengandung aloe vera yang kaya mineral. Kulit anak menjadi halus, lembut, dan lembap. Dengan aroma buah yang membuat mandi menjadi pengalaman yang menyenangkan.
  3. Rawat rambut dengan lembut
    Orang tua dapat membantu meminimalkan iritasi pada kulit kepala dengan melakukan perawatan rambut yang lembut. Alih-alih menggosokkan handuk ke rambut untuk mengeringkannya atau menggunakan pengering rambut, sebaiknya keringkan rambut dengan lembut dan biarkan mengering sendiri. Gunakan juga sisir yang berbulu lembut.
  4. Lembapkan kulit kepalanya
    Jika kulit di kulit kepala sudah teriritasi, gunakan minyak zaitun atau baby oil lalu pijatkan dengan lembut di kulit kepalanya. Bilas bersih dengan sampo yang lembut setelah beberapa menit.