18 SEP 2022 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 147 DILIHAT

5 Peran Niasin untuk Antiaging

Niacinamide (niasin) sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan, niasin yang juga dikenal sebagai vitamin B3 ini, juga membantu memperlambat proses penuaan.

  1. Meningkatkan hidrasi kulit
    Penyebab utama kulit kering (dehidrasi) adalah penghalang kulit yang melemah sehingga tidak mampu mengunci kelembapan secara efektif. Niasin dapat membantu merangsang sintesis ceramide di dalam kulit sehingga memperkuat penghalang kulit alami.

  2. Memperkuat kulit terhadap iritasi
    Niasin dapat membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk menoleransi faktor eksternal seperti serbuk sari, bahan kimia, wewangian buatan, dan cuaca buruk yang dapat merusak penghalang kulit, dengan cara membantu memperkuat penghalang kulit.

  3. Melindungi kulit dari faktor lingkungan
    Kulit menghasilkan 'radikal bebas' ketika terkena berbagai pilihan gaya hidup seperti paparan sinar UV, merokok, polusi, dan diet. Antioksidan seperti niasin penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, mengurangistres oksidatif, dan melawan efek kerusakan lingkungan yang terlihat.

  4. Meminimalkan tanda penuaan kulit
    Kolagen adalah protein anti-penuaan penting yang membuat kulit tampak kencang dan awet muda. Ketika produksi kolagen menurun, maka kulit mengendur dan kehilangan volume. Niasin bisa membantu meningkatkan produksi kolagen kulit sehingga mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

  5. Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam
    Melanin adalah pigmen yang memberikan warna unik pada kulit. Faktor lingkungan seperti paparan sinar UV bisa menyebabkan produksi melanin berlebih sehingga warna kulit tidak merata. Niasin dapat digunakan untuk menargetkan bintik-bintik gelap pada kulit karena dapat membantu memecah kelebihan melanin.


    Produk perawatan kulit dengan niasin
    Niasin kini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit untuk meningkatkan warna kulit dan keremajaan. Salah satunya adalah Snapskin Mattifying Skin Booster Moisturizer, yang diformulasikan dengan niasin. Snapskin Mattifying Skin Booster Moisturizer merupakan pelembap wajah yang mampu mengunci kelembapan kulit hingga 24 jam. Mengandung C3 Protector, vitamin B3/ niasin, dan witch hazel yang membantu tampilan kulit lebih cerah dan halus.