14 MAR 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 275 DILIHAT

4 Cara Tingkatkan Bonding dengan Bayi

Bonding atau ikatan orangtua dengan bayi baru lahir adalah bagian penting dari perkembangannya.

Yuk, tingkatkan bonding dengan si kecil melalui 3 langkah mudah ini.

Manfaat bonding

Bonding membantu bayi tumbuh secara mental dan fisik. Misalnya, kontak berulang lewat sentuhan, nyanyian, atau bahkan hanya tatapan mata membuat otak bayi melepaskan hormon yang membantu otak bayi tumbuh. Dan saat otak bayi tumbuh, maka memori, pemikiran, dan bahasa bayi pun mulai berkembang.

Cara meningkatkan bonding

  1. Menyusui
    Menyusui menciptakan pengalaman ikatan antara ibu dan bayi karena mendorong kontak kulit ke kulit, lebih banyak memegang dan membelai. Banyak ahli mengatakan bahwa ikatan kasih sayang selama tahun-tahun pertama kehidupan membantu mengurangi masalah sosial dan perilaku pada anak-anak dan orang dewasa.

  2. Kontak mata
    Kontak mata yang lama melepaskan phenylethylamine, zat kimia yang bertanggung jawab atas perasaan tertarik. Zat ini juga melepaskan oksitosin, zat kimia cinta yang paling dekat hubungannya dengan ikatan dan komitmen jangka panjang. Melakukan kontak mata dengan bayi secara berulang bisa mendekatkan hubungan.

  3. Sentuhan
    Tidak adanya stimulasi sentuhan, pelepasan hormon pertumbuhan yang penting dapat terhambat di seluruh bagian tubuh serta otak, hati, dan jantung.
    • Berikan sentuhan lembut mulai dari saat menyusuinya
    • Sentuhan lembut saat memandikannya menggunakan Allano Baby Bath yang mengandung Organic Olive Oil yang memberikan kelembapan pada kulit si kecil.
    • Pijat lembut kulitnya menggunakan Allano Baby Massage Oil untuk membuat bayi rileks dan meminimalkan kolik. Allano Baby Massage Oil mengandung Organic Olive Oil, dan vitamin E pada akan memberikan kelembapan pada kulit si kecil.

  4. Berbicara, membaca, dan bernyanyi
    Mengajaknya bicara atau mendengarkan suaramu bernyanyi untuknya akan membuat bayi merasa akrab. Biasakan membacakan dongeng sebelum tidur untuk membantu si kecil tidur lebih lelap. Pastikan kulitnya terjaga tetap lembap dengan mengaplikasikan Allano Diaper Rash dan Allano baby lotion.