12 MAY 2024 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA

Apa itu tipe Pelanggan Customer Advocates?

Pelanggan yang puas berbelanja ternyata bisa memiliki pengaruh luar biasa pada bisnismu. Nah ada 2 tipe pelanggan yang perlu kamu ketahui yakni Customer Loyalty dan Customer Advocates. Kalau pelanggan yang setia atau loyal (Customer Loyalty) adalah pelanggan yang selalu kembali untuk membeli produk. Nah apa bedanya dengan customer advocates?

Customer advocates adalah pelanggan yang satu tingkatan lagi di atas Customer Loyalty. Customer advocates adalah tipe pelanggan yang benar-benar percaya dengan bisnis dan produkmu serta dengan senang hati merekomendasikannya kepada orang lain. Tak hanya itu, mereka juga akan membela secara sukarela jika ada yang ingin menjatuhkan bisnis atau produkmu.

Bagaimana membentuk customer advocates?

  1. Berikan nilai lebih
    Berkomitmenlah untuk setia melayani pelanggan sebelum, selama, dan setelah setiap penjualan. Untuk membangun kepercayaan, harus bisa memberikan solusi untuk semua masalahnya, jangan hanya sekadar menjual produk.

  2. Bangun hubungan yang kuat
    Kenali dan hargailah kontribusi pelanggan yang membuat kamu sukses. Tunjukkan pada mereka lewat tindakan, bahwa kamu tidak sekedar “menjual” tapi peduli.   

  3. “Mendidik” pelanggan baru
    Kenalkan pelanggan dengan semua produk dan jelaskan manfaatnya bagi mereka, teman-teman, dan keluarga. Betapa produk yang direkomendasikan akan membantu memudahkan hidup mereka. Pernyataan ini akan menambah poin di mata pelanggan, menunjukkan kalau kamu sangat peduli pada mereka. Biarkan mereka tahu bahwa siapa pun yang mereka rujuk akan mendapatkan pelayanan yang sama istimewanya.

  4. Menerima rujukan
    Rasanya pasti sangat menyenangkan ketika kamu direkomendasikan. Hal ini menunjukkan kalau sudah melakukan hal yang benar dan memuaskan pelanggan. Perlakukan setiap referensi seperti pelanggan sebelumnya, dengan layanan kualitas terbaik.

  5. Berikan pengakuan
    Jika salah satu pelanggan merujuk pelanggan baru, akui mereka dan ucapkan terima kasih atas upaya mereka. Bisa juga ditunjukkan dengan memberikan diskon atau reward pada pesanan berikutnya.  Dengan begitu mereka akan semakin bersemangat dan senang merekomendasikanmu pada orang-orang di sekitarnya.