24 OCT 2022 INSIGHTS 2 MENIT DIBACA 190 DILIHAT

4 Cara Tingkatkan Komunikasi

Komunikasi dengan pelanggan itu tak hanya untuk membina hubungan baik saja, namun juga meningkatkan penjualan. Mari tingkatkan komunikasi dengan dengan pelanggan melalui 4 cara berikut ini.

  1. Tanggapi pelanggan yang tidak senang
    Meskipun kamu tergoda untuk mengabaikan komentar kasar atau ulasan buruk, hal itu hanya akan merusak reputasimu. Jangan menghindari masalah, sebaliknya, dekatilah dengan perhatian yang tulus dan pikiran terbuka. Jawab pertanyaan mereka dan selesaikan masalah mereka seolah-olah kamu mencoba membantu ibumu. Bersikaplah ramah, dan ambil minat yang tulus dalam keprihatinan mereka.

  2. Balas tepat waktu
    Respon komentar, pertanyaan, atau kekhawatiran pelanggan secepatnya. Menanggapi dalam waktu kurang dari 24 jam membuktikan bahwa mereka penting buat kamu. Ini menunjukkan kalau kamu peduli dengan mereka, tak hanya sekedar menjual produk saja.

  3. Terapkan komunikasi 2 arah
    Gunakan platform media sosial untuk memfasilitasi dialog antara kamu dengan pelanggan, seperti whatsapp, twitter, instagram, atau facebook messenger. Tanja jawab interaktif juga merupakan cara lain untuk melibatkan pelanggan secara efektif dan membuat mereka merasa didengarkan.

  4. Simpan data dari setiap interaksi dengan rapi
    Catat tanggal, waktu, dan masalah yang dibahas dengan setiap pelanggan. Informasi ini dapat berguna untuk merujuk kembali saat melakukan kontak lagi. Jangan lupa, ketika kamu menghubungi mereka kembali, update informasi terbaru tentang produk dan bisnismu. Informasi ini membantu pelanggan semakin memahami bisnismu dan nilainya.