10 MAR 2024 RUMAH BERSIH & SEHAT 2 MENIT DIBACA 147 DILIHAT

Tips Tidur Nyenyak Saat Puasa

Sebenarnya, puasa bisa meningkatkan kualitas tidur dengan memperkuat ritme sirkandian, lho.
Kalau kamu malah susah tidur saat puasa, ikuti tips ini, yuk.

1.Jangan tidur terlalu lapar

Mungkin karena ingin berpuasa sekaligus diet, kamu membatasi makananmu. Boleh-boleh saja asal menu buka dan sahurnya bergizi seimbang sehingga tidak membuat perut kelaparan menjelang tidur. Mengapa? Karena saat lapar, kadar kortisol (hormon stres) meningkat, yang dapat menurunkan kualitas tidurmu. Jadwalkan makan terakhirmu setidaknya tiga jam sebelum tidur, sehingga pencernaan tidak akan mengganggu tidur dan merasa kelaparan.

2. Tetap Terhidrasi

Tidur dalam keadaan dehidrasi dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi lebih pendek atau lebih rendah. Anjuran minum air putih sama dengan hari biasa yaitu 8 gelas sehari atau 1 liter.  Terapkan aturan minum air 2-4-2, yaitu:

  • 2 gelas air putih saat berbuka
  • 4 gelas air putih pada malam hari
  • 2 gelas air putih saat sahur

3. Batasi kafein

Kafein (teh & kopi) adalah diuretik alami karena meningkatkan kehilangan cairan dan rasa haus, sehingga bisa mengganggu tidurmu. Hindari juga rokok karena memicu mulut kering dan haus terus menerus.

4. Hindari makan terlalu banyak 

Makan terlalu banyak, terutama menjelang tidur, bisa mengganggu kualitas tidurmu. Cobalah makan dengan gizi seimbang dan porsi sedang untuk menghindarinya.

5. Ciptakan ruang tidur yang nyaman dan bersih

Pastikan kamar tidurmu nyaman dengan lampu yang tidak terlalu terang,  bebas suara berisik dan blue light, dan udaranya segar. Nyalakan saja AtmosphereTM Mini, penjernih udara yang menjadikan hunian berudara bersih, bebas bau, virus, polusi, debu, allergen, dan jamur. Meskipun bentuknya kecil, AtmosphereTM Mini memiliki 3 in 1 filter yang efektif menghilangkan 99,99% partikel sekecil 0,0024 mikron, lho. Bikin tidurmu semakin nyaman!