18 OCT 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 173 DILIHAT

Mengenal 5 Lapisan Pelindung Kulit

Pahami, yuk, bagaimana 5 lapisan kulit terluar (epidermis) melindungi dan meremajakan dirinya sendiri agar kita bisa membantu apa yang dibutuhkannya. 


1.  Stratum korneum
Ini adalah lapisan terluar berupa sel tanduk keras yang berfungsi untuk menyerap air dan membantu mencegah bakteri, virus, dan jamur menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Merupakan lapisan pertahanan yang memerlukan produk yang memiliki nutrisi purify, seperti cleanser.

2.  Stratum lucidum
Lapisan ini sangat tipis sehingga sel-sel terlihat jernih dan hanya ditemukan di kulit tebal di telapak tangan dan kaki. Lapisan ini berfungsi meredam gesekan antara lapisan epidermis, memerlukan produk yang memiliki nutrisi balance (menyeimbangkan) seperti toner.

3.  Stratum granulosum atau lapisan granular
Lapisan yang berfungsi untuk membentuk sel-sel pelindung kulit dengan menghasilkan lipid dan faktor pelembap alami yang membuat kulit tahan air dan membantu mempertahankan kelembapan. Memerlukan produk yang memiliki nutrisi rebuild yang terdapat pada pelembap wajah dan mata.

4.  Stratum spinosum atau lapisan berduri
Seperti namanya, stratum spinosum mengandung tonjolan berduri yang mencegah kulit robek dan melepuh. Lapisan ini menciptakan keratin, yaitu bahan pembentukan sel kulit, rambut, dan kuku. Makanya perlu produk yang memiliki nutrisi moisturizer seperti pelembap mata dan wajah.

5.  Stratum basal atau lapisan basal
Merupakan lapisan terdalam yang membentuk sel kulit baru yang menggantikan sel kulit mati. Pada lapisan ini terdapat melanosit, yaitu sel pembentuk warna kulit (pigmen) yang berfungsi melindungi kulit dari radiasi. Lapisan ini memerlukan produk yang memiliki nutrisi protect yang wajib terdapat pada pelembap mata dan wajah.

Memahami bagaimana kulit bekerja untuk melindungi dan meremajakan dirinya sendiri akan membantumu merawatnya dengan benar.

Referensi:

https://myuni.adelaide.edu.au/courses/11275/pages/5-dot-1-layers-of-the-skin

Baumann, L. S., & Baumann, L. (2009)