21 JUL 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 116 DILIHAT

Pentingnya Mandi Sesuai Tahapan Usia

Mandi memang salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Namun,
ternyata kebutuhan mandi seseorang berubah sepanjang hidup sesuai tahapan usia mereka.

Bayi

American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa bayi tidak perlu setiap hari dimandikan, apalagi sampai dua kali sehari. Kegiatan mandi teratur bisa mulai diterapkan ketika bayi sudah mulai merangkak dan MPASI.

Anak-anak

Menurut American Academy of Dermatologists, meskipun mandi harian aman untuk anak-anak, sebenarnya mereka tak masalah jika mandi setiap beberapa hari sekali saja.

Remaja & dewasa

Begitu mencapai pubertas, kebutuhan mandi setiap remaja menjadi berbeda-beda tergantung kegiatan dan kebutuhannya.  Disarankan untuk mandi setiap hari, terutama bagi remaja yang aktif secara fisik.  Mandi akan membuat badan kembali bersih dan segar setelah beraktivitas atau latihan olahraga yang berat, termasuk berenang, berolahraga, dan kegiatan fisik lainnya.

Lansia

Tindakan mandi sebelumnya yang sederhana bisa menjadi hal yang menantang begitu orang dewasa beranjak tua. Mereka tidak perlu mandi setiap hari  untuk menjaga kebersihan, melindungi kulit, dan menangkal infeksi. Dengan bantuan pengasuh, mandi sekali atau beberapa hari sekali sudah cukup, atau gunakan waslap hangat di antaranya untuk tetap merasa segar.

Pilih Sabun yang Efektif Membersihkan

Jangan asal memilih sabun mandi. Perhatikan kandungannya yang bisa menjaga kesehatan kulit sesuai usianya. Ada beberapa rekomendasi produk yang tidak hanyak membersihkan saat mandi tapi juga menjaga kesehatan kulit.

  • G&H Nourish+TM Body Wash sabun cair yang mengandung bamboo complex water, olive oil derived ceramide, white chia oil, dan shea butter. Menjadikan kulit lebih bersih dan lembap, halus dan lembut.
  • G&H Refresh+TM Exfoliating Body Wash sabun cair yang membantu eksfoliasi kulit dengan lembut karena mengandung bamboo complex water, olive oil derived ceramide, green acerola dan jojoba oil. Bisa digunakan setiap hari untuk meng-eksfoliasi kulit tubuh secara lembut sehingga kulit tampak sehat, lembap, halus, dan lebih cerah!
  • G&H Baby Wash & Shampoo, sabun mandi 2in1 untuk baby mulai usia 0 tahun, yang dapat digunakan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, membersihkan kulit bayi dari kotoran dan debu sekaligus menjaga kelembutan kulit bayi.  Tanpa pewarna dan pewangi buatan.