09 MAR 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 147 DILIHAT

5 Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang cara bagus untuk bersantai.

Namun ternyata mandi air memiliki banyak manfaat lainya, lho!

  1. Meredakan nyeri otot dan persendian
    Air hangat bisa melebarkan pembuluh darah sehingga memungkinkan sirkulasi lebih baik. Aliran darah yang lebih baik membantu mengendurkan otot dan persendian yang tegang, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

  2. Meningkatkan fungsi otak
    Selain mengurangi rasa sakit, berendam dalam air hangat juga dapat meningkatkan fungsi otak, karena saat berendam neurotropik (zat kimia otak) meningkat dan mengurangi hormon stres kortisol.

  3. Menunjang kesehatan jantung
    Mandi air hangat akan membantu sirkulasi yang lebih baik dan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan hubungan antara mandi air hangat teratur dan tingkat penyakit arteri koroner yang lebih rendah.

  4. Membantu meredakan stres  
    Ritual relaksasi seperti berendam air hangat dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Dan penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat dapat mengurangi ketegangan, kemarahan, kecemasan, dan depresi.

  5. Membantu tidur malam yang lebih nyenyak
    Jika sulit tidur, cobalah mandi air panas sebelum tidur. Penelitian menemukan bahwa mandi air panas setidaknya selama 10 menit dapat meningkatkan kualitas tidur. Penelitian juga menunjukkan bahwa menjadwalkan mandi satu atau dua jam sebelum tidur dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Tips mandi air hangat

Untuk mandi air hangat yang nyaman, pastikan suhunya hangat (tidak terlalu panas) dan gunakan sabun mandi yang lembut dan memanjakan seperti G&H Nourish+TM Body Wash. Sabun cair G&H Nourish+TM Body Wash kaya busa dan mengandung bamboo complex water, olive oil derived ceramide, white chia oil, dan shea butter.

G&H Nourish+TM Body Wash menjadikan kulit lebih bersih dan lembap, halus dan lembut. Jangan lupa setelahnya aplikasikan G&H Nourish+TM Body Lotion ke seluruh tubuh untuk meningkatkan kelembapan.  

 

Sumber:

1https://www.mdpi.com/1660-4601/16/7/1280

2https://heart.bmj.com/content/heartjnl/106/10/732.full.pdf

3https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6011066/

4https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1087079218301552?via%3Dihub