03 MAY 2024 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 102 DILIHAT

Kulit Jadi Begini Kalau Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata tak hanya memberi dampak pada kesehatan,
namun juga penampilan kulit, lho. Kulit jadi memiliki masalah seperti ini, nih.

Saat tidur, tubuh mengalami periode berkeringat, yang merupakan cara tubuh menyeimbangkan kembali tingkat hidrasi. Kurang tidur juga berdampak pada tingkat pH sehingga menyebabkan kulit kering.

  1. Lingkaran gelap di bawah mata
    Kurang tidur menyebabkan oksigen di mata berkurang, yang menyebabkan pembuluh darah melebar, berwarna lebih gelap, dan lebih mudah terlihat melalui kulit, yang tampak seperti lingkaran hitam.

  2. Kulit kusam
    Kurang tidur juga mengganggu sirkulasi darah yang menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam darah. Akibatnya, kulit bisa terlihat berpigmen, keabu-abuan, terlihat kusam.

  3. Menurunnya produksi kolagen
    Kurang tidur menyebabkan hormon kortisol (stres) tetap meningkat di tubuh dan menghambat perbaikan di malam hari. Menurut Journal of Brain, Behavior, and Immunity, stres dapat berdampak besar pada produksi kolagen, sehingga kulit  kehilangan kekencangan dan kehalusannya.  

  4. Jerawat
    Peningkatan kortisol akibat kurang tidur juga bisa memengaruhi minyak di kulit. Menurut sebuah penelitian di Sleep Medicine, kortisol memicu kulit memproduksi lebih banyak sebum atau minyak yang dapat menyebabkan peradangan, rosacea, jerawat, dan peradangan lainnya.

  5. Muncul tanda penuaan
    Menurut jurnal di Clinical and Experimental Dermatology, kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk tidak hanya meningkatkan tanda-tanda penuaan, namun juga mengurangi fungsi pelindung kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Tips tidur berkualitas

Makanya, penting banget untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas paling tidak 8 jam sehari. Jangan lupa, nutrisi kulit selama tidur dengan Artistry Skin Nutrition™ Sleeping Mask. Masker Artistry Skin Nutrition™ Sleeping Mask diformulasikan dari bahan-bahan phytonutrients seperti Fermented CICA, Tan Hua Flower, White Chia Seed, dan Niacinamide (B3) yang memperbaiki warna kulit yang tidak merata sepanjang malam sehingga bangun dengan kulit yang tampak lebih bercahaya dan ternutrisi!

Sumber

1https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19523511/

2https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1389945721005761

3https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25266053/