28 AUG 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 76 DILIHAT

Kiat Cegah Anak Kecanduan Gadget

Efek buruk gadget

Tak hanya sebagai media belajar, terkadang orangtua membiarkan anak bermain gadget seperti  smartphone, tablet dan komputer untuk menghiburnya. Padahal terlalu banyak bermain gadget bisa berakibat buruk seperti:

  • Kurangnya minat dalam pengembangan keterampilan praktis kehidupan nyata
  • Kurang fokus atau konsentrasi pada tugas apa pun kecuali bila dilakukan pada gadget
  • Manajemen waktu dan kebiasaan makan yang buruk

Mencegah kecanduan gadget

1. Beri contoh yang benar

Anak-anak selalu mengikuti apa yang orang tua mereka lakukan, bukan apa yang orang tua mereka katakan. Jika mereka melihat orang tuanya menghabiskan banyak waktu untuk gadget, mereka akan melakukan hal yang sama. Paling tidak, cobalah dan batasi waktu bermain gadget, terutama jika berada di sekitar anak-anak.

2. Perketat aturan penggunaan gadget

Terapkan pembatasan kebiasaan tidak sehat seperti menonton tv dan bermain game/gadget.  Pastikan untuk menjelaskan kepada mereka alasan di balik keputusan Anda.

  • Usia 2-5 tahun: 1 jam sehari
  • Lebih dari 5 tahun maksimal 2-3 jam per-hari.  

3. Libatkan anak dalam kegiatan lain

Untuk membatasi kecanduan gadget, libatkan anak dalam kegiatan yang memperkaya seperti membaca, sesi olahraga, permainan papan, menggambar, dan kerajinan, dll.

4. Habiskan lebih banyak waktu dengannya

Anak-anak yang sering sendiri lebih mungkin mengalami kecanduan gadget. Jadi,  habiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak dan lakukan hal-hal yang menarik minat mereka, mulai dari bermain boneka hingga bermain petak umpet.  

5. Monitor konten  

Pastikan bahwa konten, termasuk video game dan kartun, sesuai untuk anak. Gunakan kesempatan ini untuk berkomunikasi dengan anak tentang nilai-nilai dan moral dari apa yang boleh dan tidak boleh ditontonnya.

 

6. Puji usahanya

Penting untuk memuji upaya anak saat dia membuat upaya untuk memprioritaskan kegiatan lain di atas waktu layar, atas kemauannya sendiri. Memuji perilaku positif akan mendorong anak untuk terus melakukannya!

 

7. Dukung asupan nutrisinya

Jika anak sehat maka ia akan semangat melakukan berbagai aktivitas dan tidak malas-malasan di kursi/tempat tidur sambil bermain dengan gadgetnya. Untuk itu selalu penuhi juga asupan nutrisinya dengan makanan bernutrisi seimbang, juga tambahkan:

  • Nutrilite Kids Chewable Iron, membantu memenuhi kebutuhan zat besi
  • Nutrilite Chewable Concentrate Fruit & Veggie, membantu  memenuhi kebutuhan buah & sayuran untuk memelihara daya tahan tubuh
  • Nutrilite Acerola C, membantu memenuhi kebutuhan Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Nutrilite Chewable Cal Mag, membantu memenuhi asupan kalsium & magnesium untuk pembentukan tulang dan gigiNutrilite Hi Protein Protein Coklat dan Berry, bersama dengan zat besi membantu pembentukan sel darah merah sehingga tubuh dapat berfungsi dengan optimal dan anak dapat beraktivitas dengan baik