07 JUN 2021 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 140 DILIHAT

Kenali bedanya UV, SPF, & Spektrum

Sinar UV (Ultraviolet)

Sinar ultraviolet atau sering disingkat UV ini merupakan radiasi gelombang elektromagnetik yang berasal dari matahari dan tak kasat mata.

Jenis sinar UV

Tidak semua sinar ultraviolet yang berasal dari matahari bisa mencapai permukaan bumi. Penghambatnya adalah lapisan ozon yang bertugas mencegah sinar ultraviolet tertentu untuk mencapai bumi. Itu sebabnya sinar UV dibedakan berdasarkan panjangnya yaitu:

  1. Sinar Ultraviolet Aging (UV-A), dikenal sebagai sinar penuaan

Sinar yang memiliki panjang gelombang yang paling panjang di antara sinar UV lainnya. Mampu menyerap lebih dalam hingga lapisan dermis (lapisan setelah epidermis), yang menyebabkan pigmen menjadi lebih gelap dan tanda penuaan dini lainnya.

  1. Sinar Ultraviolet Burning (UV-B), dikenal sebagai sinar pembakaran

Mampu menembus dan dapat merusak lapisan atas kulit, namun jangkauan paparannya hanya mencapai lapisan epidermis kulit. UVB dapat menyebabkan kulit memerah, perih dan terbakar.Terlalu banyak paparan menyebabkan kulit terbakar, bahkan melepuh.

  1. Sinar UV-C

Sinar UVC memiliki panjang gelombang yang paling pendek merupakan sinar ultraviolet yang paling berbahaya bagi kulit. Untungnya, lapisan ozon menghalangi sinar UVC sehingga tidak bisa mencapai permukaan bumi.

Apa itu SPF?

SPF (Sun Protector Factor) adalah faktor perlindungan matahari. Angka SPF menunjukkan perbandingan berapa lama waktu yang dibutuhkan sinar UV matahari untuk membuat kulit memerah, dibandingkan dengan yang tidak mengenakan.

Misalnya, SPF 30 berarti kulit terlindungi 30x lebih lama dibandingkan yang tidak menggunakannya.

SPF & perlindungan spektrum luas

Perlindungan spektrum luas berarti melindungi dari sinar UV-A dan UV-B. Jika label tidak menunjukkan spektrum luas, maka hanya melindungi dari sinar UV-B saja.

Pilih formula berspektrum luas untuk perlindungan maksimal seperti Artistry Ideal Radiance ™ UV Protect SPF 50+ PA++++, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan, mencegah pembentukan bintik hitam dan perubahan warna kulit akibat pancaran UVA dan UVB. Kandungan campuran bermacam bunga dari bunga Daisy, Geranium, Melati, Evening Primrose, dan Sophora Japonica juga melembapkan wajah dan tampak cerah bercahaya.