26 MAR 2021 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 211 DILIHAT

Kenali Aktivitas yang Bikin Dehidrasi

1.  Berkebun

    Jangan salah, aktivitas berkebun terutama di bawah terik matahari bisa membuat tubuh lelah dan dehidrasi akibat panasnya. Biasanya berkebun tak bisa sebentar tapi berjam-jam. Bayangkan kalau tanpa minum, tubuh jelas mengalami dehidrasi.

    Sebaiknya, lakukan berkebun di pagi hari saat matahari kurang intens dan kenakan pakaian lembap. Jangan lupa bawa juga air minum agar tubuh tetap terhidrasi.

    2.  Demo

      Aksi demo juga memicu dehidrasi lho karena dilakukan di udara panas, berjam-jam, bahkan sambil berjalan jauh. Tanpa bekal air minum yang cukup dijamin tubuh cepat dehidrasi bahkan bisa berakhir di IGD.

      3.  Bangun tidur

        Biasakan minum segelas air putih atau air hangat yang dicampur perasan jeruk lempn begitu Anda bangun tidur. Saat tidur malam yang panjang (7-8 jam) Anda sama sekali tidak minum, sehingga begitu bangun tubuh sedikit dehidrasi. Minum segelas air akan menyegarkan tubuh Anda kembali.

        4.  Sakit demam

          Saat demam, suhu tubuh semakin tinggi, dan banyak cairan tubuh yang menguap. Anda harus mengatasinya dengan menambah asupan cairan agar tubuh tidak dehidrasi.

          5.  Mengonsumsi banyak kafein sebelum berolahraga

            Olahraga saja sudah bikin air keluar melalui keringat, apalagi ditambah minum kafein sebelumnya. Kafein bisa menyebabkan efek diuretik (sering buang air), begitu juga dengan minuman teh.

            Mencegah dehidrasi

            Bagaimana caranya supaya saat melakukan aktivitas di atas tubuh tetap terhidrasi?

            • Saat akan berada di luar pada hari yang hangat, kenakan pakaian yang sesuai untuk aktivitas Anda, misalnya pakaian yang longgar, menyerap keringat, dan topi jika perlu.
            • Jika Anda benar-benar merasa kering atau pusing, istirahatlah dan duduklah di tempat teduh atau di tempat yang sejuk dan minumlah air.
            • Sebelum olahraga minumlah sedikit cairan sebelum aktivitas dimulai, dan minum secara berkala (setiap 20 menit atau lebih) selama aktivitas dan setelah aktivitas berakhir.
            • Bekal minum minuman yang bisa menghidrasi seperti air putih ke mana saja Anda pergi.
            • Jika ingin variasi minuman selain air putih minum juga minuman bernutrisi yang cepat menghidrasi seperti Nutrilite PhytoPowder. Minuman segar ini mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks, tinggi serat dan rendah gula, serta hadir dengan dua pilihan rasa yang menyegarkan. Kini hadir dalam kemasan canister yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga sehingga seluruh anggota bisa menikmatinya bersama.

            Sumber:

            https://www.thehealthy.com/hyd...