10 JUL 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 106 DILIHAT

Jangan Panik Saat Kena Gejala Flu

Jangan panik dulu jika mengalami batuk, demam, dan gejala flu lainnya. Bisa jadi hanya flu biasa. Lakukan pertolongan pertama yang tepat untuk memperingan gejalanya.

Flu cepat sekali menyelinap di sela aktivitasmu. Bisa jadi hari ini kamu bisa beraktivitas sepanjang hari, esoknya tenggorokan terasa gatal. Sehari setelah itu mulai batuk dan bersin, dan gejalanya berawal dari situ.

Manfaat gejala

Gejala yang ditunjukkan tubuh kita secara bertahap ternyata memiliki manfaat, yaitu memberi waktu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pertahanan alami untuk melawan infeksi dengan lebih baik.

Cara meringankan gejala flu

Jika mengalami gejala flu seperti tenggorokan terasa gatal, batuk, atau bahkan demam, lakukan beberapa cara berikut untuk meringankan:

1. Beristirahat

Mulailah dengan memperlambat dan banyak istirahat. Kurang tidur dapat membuat mudah lelah, sehingga rentan terhadap serangan kuman. Dokter menganjurkan orang dewasa untuk tidur 7 hingga 9 jam setiap malam, memberikan waktu tubuh untuk menyembuhkan, memperbaiki, dan menangkal infeksi.

2. Minum banyak cairan

Tetap terhidrasi adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk membangun  sistem kekebalan. Air dan minuman bebas gula adalah yang terbaik karena dapat membantu melawan dehidrasi yang berhubungan dengan demam. Selain itu, teh hangat dengan lemon dan madu dapat meredakan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan batuk.

3. Kurangi stres

Studi menunjukkan stres kronis menekan sistem kekebalan dengan memangkas jumlah sel yang membentuk garis depan pertahanan. Ketegangan juga meningkatkan suplai kortisol tubuh, hormon stres yang dapat merusak sistem kekebalan dan membuat lebih rentan terhadap flu.

Untuk meningkatkan sistem kekebalanmu, lakukan sesuatu yang membuat rileks seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau bermeditasi.

4. Pengobatan rumahan

Kamu juga bisa melakukan pengobatan a la rumahan seperti menyesap cairan panas (sup panas, teh panas, atau kaldu tulang) yang membantu hidrasi sambil mengurangi kemacetan dengan meningkatkan aliran lendir.

5. Nutrisi yang baik

Nutrisi yang baik dapat membantu memperkuat daya tahan alami tubuh terhadap penyakit, dan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, dan brokoli, adalah awal yang baik. Tambahkan juga Trio Foundation (NutriliteTM Hi-Protein All Plant, NutriliteTM Salmon Omega-3 Complex, NutriliteTM Double X) dan Double Protection untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Double Protection terdiri dari:

  • Nutrilite™ Hi-fiber Powder
    Mengandung manfaat chicory untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian.
  • Nutrilite™ Wheat Germ-E
    Mengandung vitamin E dari minyak biji gandum sebagai antioksidan yang akan membantu meningkatkan fungsi imunitas terhadap stres oksidatif.
  • Nutrilite™ Bio C Plus Extended Release
    Sumber alami vitamin C dan fitonutrisi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh tidak mudah ngedrop.